Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eksekutif VW Bermasalah di China

Kompas.com - 29/08/2014, 08:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Reuters

Shanghai, KompasOtomotif - Komisi Pusat Inspeksi Disiplin China mengumumkan tengah melakukan penyelidikan mendalam terhadap mantan dan salah satu eksekutif di perusahaan gabungan FAW-Volkswagen Automotive Company Limited. Keduanya dituduh melakukan "pelanggaran hukum serius".

Pengumuman itu disampaikan dalam situs resmi komisi tanpa menyebut jenis pelanggaran yang dilakukan. Keduanya terindentifikasi sebagai mantan Wakil General Manager Li Wu dan Zhou Chun, yang saat ini menjabat sebagai Wakil GM Divisi Penjualan.

Para petinggi Volkswagen di China, FAW, dan perusahaan gabungan tidak ada yang bersedia berkomentar menyangkut penyelidikan ini. Pengumuman dilakukan setelah komisi melakukan inspeksi khusus pada FAW Group Corporation.

Sebelumnya, Audi-merek premium milik VW-dan merek asing lain, seperti Mercedes-Benz, dan Chrysler tengah menghadapi penyelidikan di China karena dianggap melanggar Undang-Undang Anti Monopoli oleh Komisi Nasional Pengembangan dan Reformasi China (NDRC).

Dari penyelidikan itu, Audi dan Chrysler dianggap terbukti melanggar peraturan dan dikenakan denda. Sampai saat ini, belum jelas apakah ada korelasi antara dua kejadian terpisah itu. Pihak berwajib juga belum memberikan keterangan lanjutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com