Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Kewalahan Ladeni Permintaan Hiace

Kompas.com - 08/10/2014, 18:07 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif - Permintaan Toyota Hiace yang terus menanjak sempat membuat PT Toyota Astra Motor (TAM) kewalahan. Jumlah pasokan dari Jepang dibandingkan permintaan pada awalnya tak seimbang. Meski demikian, lambat laun permasalahan itu bisa teratasi.

Dikatakan Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran TAM, dalam media drive Hiace menuju Bogor, Rabu (8/10/2014), tren kenaikan tersebut sudah terjadi sejak awal 2014. Pasalnya, TAM benar-benar bergantung pada pasokan.

Hiace diluncurkan 2012, diceritakan Samulo, perkembangan secara permintaan di awal tak begitu banyak. Mulai awal tahun lalu, seluruh pemesan fleet harus menunggu. Kendati demikian, beberapa bulan terakhir pasokan mulai memenuhi permintaan.

"Saat ini jumlah unit yang datang dari Jepang sekitar 200-an sebulan. Pesanan antara 150-200 sebulan. Kalau dulu, sempat pasokan 100 unit sebulan, karena tahun lalu demand-nya rata-rata di bawah 100 unit," terang Samulo.

Produksi
Untuk menekan biaya produksi, TAM bisa saja merakit secara lokal (CKD). Namun dikatakan Samulo, dengan penjualan yang masih rata-rata 100-an unit sebulan, belum memenuhi kriteria untuk produksi.

"Penjualan Hiace memang semakin bagus. Namun untuk memasuki skala produksi belum terlalu mencukupi. Memang tidak ada patokan, tapi kami akan terus menggenjot penjualan," terang Samulo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com