Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IIMS 2014 Gerus Pasar Mobkas

Kompas.com - 27/09/2014, 15:05 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tidak bisa dipungkiri, umbar promo dan diskon besar sanggup menggaet banyak konsumen selama penyelenggaraan IIMS 2014. Tapi ternyata euforia pembelian mobil baru selama pameran berdampak negatif pada bisnis mobil bekas (mobkas).

Salah satu bursa mobkas terbesar di Jakarta Selatan, Tem’s Otomart mengatakan, IIMS 2014 yang berlangsung melewati 11 hari (18-28 September 2014) sanggup menyedot sebagian besar perhatian calon konsumen mobkas.

“Pengunjung bisa turun hingga 80 persen. Paling terasa memang di akhir pekan. Sejak pembukaan pada Kamis (18 September), hari Sabtu langsung terasa penurunan,” ujar Theo Bejo Hindarto, Head Operation Tem's Otomart, di Jakarta, Sabtu (27/9/2014).

Tidak hanya menjadi objek wisata bertaraf internasional, ajang tahunan IIMS 2014 juga kerap diartikan momen yang pas membeli kendaraan baru. Ada beberapa faktor yang bisa menggeser minat konsumen mobkas untuk membeli mobil baru, di antaranya diskon besar dan keuntungan garansi pabrikan.

“Setiap kali IIMS digelar, penjualan kita drop. Kita kejar di awal-awal bulan karena di tengah bulan sudah tidak bisa jualan,” imbuh Theo. Tem’s Otomart bisa menjual hingga 50 unit per bulan, Theo juga menjelaskan konsumen mobkas terbagi menjadi dua secara rata, yakni pembelian secara kredit dan tunai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com