Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Hidupkan Kembali Land Cruiser 70

Kompas.com - 26/08/2014, 09:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Toyota menghidupkan lagi model lawasnya, Land Cruiser 70, khusus untuk pasar domestik Jepang. Salah satu bentuk kegiatan dan promosi yang dilakukan dalam memperingati ulang tahun Land Cruiser ke-30. Selain itu, ternyata masih banyak peminat Sport Utility Vehilce ini di negara asalnya, yang sudah dihentikan produksinya sejak 2004 lalu.

Toyota berharap bisa menjual 200 unit per bulan dan SUV "boxy" ini dipasarkan kembali hanya dalam kurun setahun. Konsumen sudah bisa membeli mobil berbodi bongsor ini di seluruh jaringan pemasaran resmi di seluruh Jepang. Land Cruiser 70 dipasarkan dalam dua varian SUV dan pikap, keduanya diproduksi di pabrik Yoshiwara.

Land Cruiser 70, pertama kali diluncurkan pada 1984, disiapkan sebagai mobil khusus penakluk medan berat, seperti off-road dan sasis bergaya ladder-frame, sehingga tangguh dan berusia panjang.

Toyota Interior diciptakan semirip mungkin dengan versi lawas.

Dari segi desain, hampir tidak ada beda dengan model yang pernah dipasarkan sebelumnya. Tapi, ada sentuhan modern di beberapa bagian, seperti gril, kap, lampu depan, dan emblem khusus "30 Tahun Anniversary" di kedua sisi kendaraan. Semua unit yang dijual juga dilengkapi dengan dompet kunci kulit khusus.

Masih menggunakan mesin, 4.0 liter, V6 bensin, berpenggerak empat roda (4WD). Mesin ini menggunakan blok aluminium dan teknologi VVT-i, dipadu transmisi 5-percepatan manual, mampu menghasilkan tenaga 231 tk dan torsi 360 Nm. Produsen mobil terbesar di Jepang itu mengklaim, rata-rata konsumsi BBM menacpai 6,6 kpl.

Sentuhan modern lain, meliputi tambahan kelengkapan keselamatan, termasuk kantong udara dan rem ABS.

Toyota Masih banyak peminatnya di Jepang, dipasarkan terbatas, hanya dalam setahun.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com