Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Siapkan Golf Generasi Kedelapan

Kompas.com - 26/08/2014, 08:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Frankfurt, KompasOtomotif - Masih menikmati predikatnya sebagai mobil terbaik di dunia, Volkswagen Golf MK-7 punya "sejuta" pujian. Tetapi, kesuksesan tersebut tidak membuat produsen mobil terbesar di Eropa itu terbuai. Justru saat ini tengah menyiapkan generasi lanjutan yang kabarnya siap diperkenalkan 2017 mendatang.

Menurut majalah lokal Jerman, Auto moto und sport, VW tengah menyiapkan suksesor MK-7. Generasi terbaru itu akan memiliki bodi yang lebih pendek, namun lebar, akan terlihat sangat berbeda dari generasi ketujuh. Ubahan paling kentara, terjadi di desain wajah dan lampu belakang.

Di dalamnya bakal disematkan kelengkapan keselamatan baru, antara lain parkir otomatis dengan sensor pengenal pejalan kaki. Fitur sama juga dimiliki pada Passat baru yang baru mulai dipasarkan akhir 2014.

Kenyamanan kabin ditambah dengan sistem infotainment dari model-model di atas Golf, seperti layar pada atas dasbor (head-up display) dan Mirror-Link. Fitur terakhir, memungkinkan pengemudi untuk mengakses semua fitur yang dimiliki ponsel pintar melalui layar sentuh di dasbor mobil.

Konstruksi Golf generasi kedelapan menggunakan platform arsitektur MQB milik VW, yang juga digunakan pada Seat Leon, Skoda Octavia, dan Audi A3.

Selain itu, VW juga tengah berusaha untuk menjadikan subkompak ini lebih irit, dengan pemetaan ulang mesin dan pengurangan bobot kendaraan hingga 50 kg. Juga ada pilihan mesin tiga silinder, yang saat ini digunakan pada salah satu varian Polo.

Ketika coba dikonfirmasi mengenai rencana ini, VW masih belum mau berkomentar. Di Amerika Serikat, Golf merupakan model terlaris Eropa dengan total penjualan 312.177 unit periode Januari-Juli 2014, naik 14 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya, menurut data JATO Dynamics.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com