Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Konversi H-D Jadi ”Reverse Trike”

Kompas.com - 22/08/2014, 17:35 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Wisconsin, KompasOtomotif – Banyak moge yang dikonversi dari roda dua menjadi roda tiga. Namun kebanyakan dua roda yang sejajar, diletakan di belakang. Scorpion Trikes di Wisconsin, Amerika Serikat, membuat terobosan baru dengan menyediakan satu set peranti roda depan (lengkap dengan suspensi independen) untuk dipasang pada bagian depan moge, khususnya Harley-Davidson V-Rod.

Dua roda di depan biasa disebut Reverse Trike. Versi produksinya sudah banyak beredar, mulai dari Can-Am Spyder, Travertson Striker, hingga Polaris Slingshot. Namun untuk modifikasi belum ada yang seberani Scorpion.

Scorpion Tinggal pasang tanpa membongkar sasis.
Scorpion Intalasi bisa dilakukan sendiri.

Hebatnya, untuk memasang tak perlu mengubah rangka. Cukup dengan sejumlah peranti tambahan yang disambungkan pada rangka, dan memindahkan beberapa komponen seperti radiator yang diletakkan di depan. Proses menginstal diklaim hanya memakan waktu 6 jam, itu pun bisa dilakukan sendiri.

Versi pertama peranti ini memang hanya untuk V-Rod. Namun perusahaan menjanjikan bakal ada produk serupa untuk berbagai sepeda motor populer, namun berdasarkan permintaan. Paling dekat adalah menyediakan untuk Harley-Davidson tipe touring atau biasa disebut tipe berkode FL.

Harga dipatok 5.000 dollar AS atau setara Rp 58 juta. Scorpion menjanjikan komponen ini akan tersedia pada awal musim semi 2015 atau sekitar Maret-Mei. Akan diberitahukan lebih lanjut tentang pemasangan, apakah akan tersedia di dealer atau dikirim ke rumah pembeli dan dipasang sendiri.

Berikut video V-Rod dengan reverse trike dari Scorpion:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com