Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Siapkan C240 "Pembunuh" Toyota Prius

Kompas.com - 21/08/2014, 16:19 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - Ford Motor Company berencana meluncurkan model baru berteknologi hibrida akhir 2018 berkode C240. Produk baru ini disiapkan untuk head to head dengan Toyota Prius, menurut dua sumber internal perusahaan dilansir Reuters (20/8/2014).

Mobil kompak ini akan menjadi produk murni bertipe hibrida, bukan seperti Fusion atau C-Max yang memberikan pilihan mesin hibrida atau konvensional. Kabarnya persiapan sudah dilakukan di pabrik perakitan Wayne, Selatan Michigan, tak jauh dari Detroit, dengan kapasitas produksi 120.000 unit per tahun.


Sumber juga menjelaskan, Ford akan menawarkan model hibrida ini dalam berbagai desain dan bentuk, sama seperti yang dilakukan Toyota pada Prius. Termasuk bakal ada pilihan hibrida plug in untuk varian termahal.

Meski demikian, versi produksinya masih lama, disinyalir datang pada 2019, atau terpaut 21 tahun setelah kelahiran perdana Prius di Jepang. Sementara Prius yang dibidik sebagai rival dikabarkan muncul generasi keempat tahun depan dengan teknologi yang diklaim bakal lebih irit dalam penggunaan bahan bakar.


Juru bicara Ford Chris Pruss ketika dikonfirmasi tidak mau berkomentar banyak menyangkut spekulasi produk-produk baru. Dari kode internal yang digunakan (C240), artinya model ini dibangun dengan platform generasi baru Ford C2 yang dipakai pada generasi baru Focus dan Escape.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com