Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Jepang

Ini Kendaraan Pertama Buatan Mazda

Kompas.com - 19/08/2014, 14:06 WIB
Wisnubrata

Penulis

Hiroshima, KompasOtomotif - Mazda, perusahaan yang kini dikenal melalui produk-produk mobilnya, ternyata tidak serta merta membuat mobil saat awal-awal berdirinya. Kendaraan pertama yang dibuat perusahaan itu lebih mirip motor beroda tiga yang sering dipakai mengangkut sayur di pasar-pasar tradisional.

Toyo Cork Kogyo Co., Ltd, perusahaan yang kini dikenal dengan nama Mazda Motor Corporation bahkan memulai debutnya pada tahun 1920 dengan membuat gabus penutup botol anggur. Baru pada tahun 1931, perusahaan ini membuat kendaraan bermotor yang diberi nama Mazda-go.

Mazda-go adalah motor beroda tiga dengan bak di bagian belakang. Kemudinya menggunakan setang, lampu bulat, dan bentuk bagian depan serupa motor klasik. Mazda-go ditenagai mesin satu silinder berpendingin udara. Pada tahun 1931, ada 66 unit Mazda-go yang diproduksi .

Uniknya, walau dibuat oleh perusahaan Toyo, dan bernama Mazda, logo yang dipakai di tangki adalah logo tiga berlian Mitsubishi. Alasannya, hingga tahun 1936 kendaraan itu dijual lewat jaringan penjualan Mitsubishi Corporation karena Mazda belum memiliki divisi penjualan.

Kompas.com/Wisnubrata Logo tiga berlian Mitsubishi yang disematkan di tanki Mazda-go sebagai cara pemasaran.

Mazda-go adalah satu-satunya kendaraan yang diproduksi sebelum Perang Dunia ke II meletus. Setelah perang berakhir, dengan serangan sekutu menggunakan bom atom ke Hiroshima, kota yang menjadi markas Mazda, perusahaan ini bangkit lagi pada tahun 1949 dengan produk motor tiga roda yang sama. 

“Mazda-go adalah produk bersejarah, karena selain menjadi produk pertama, kendaraan ini juga membantu warga Hiroshima membangun kembali kotanya yang hancur karena bom atom,” ujar Hiroshi Inoue, Executive Officer, In charge of New Emerging Market Operation, Mazda Motor Corporation, saat ditemui di kantor pusat Mazda di Hiroshima, Senin (18/8/2014).

Produk selanjutnya baru hadir  tahun 1958, berupa truk roda empat yang dikenal sebagai  Mazda Romper.

Pada tahun 1959, Mazda kembali membuat kendaraan roda tiga yang diberi nama Mazda K360. Kendaraan yang dibuat sebanyak 280.000 unit ini bisa disebut truk kecil beroda tiga karena memiliki bak di belakang. Namun berbeda dengan Mazda-go, kemudinya sudah menggunakan stir, dan bagian depan K360 tertutup seperti bemo.

Dengan panjang 2,975 meter, lebar 1,28 meter, dan berat  485 kilogram, Mazda K360 mengandalkan mesin berkapasitas 356 cc dengan kekuatan 11 tenaga kuda. Truk kecil ini bisa membawa beban 300 kilogram dan melaju hingga kecepatan 65 km/jam.

Varian selanjutnya dari K360 adalah Mazda T600 yang diperkenalkan tahun 1959. Bentuknya serupa, namun seri ini memiliki kemampuan angkut hingga 500 kilogram. T600 memiliki mesin V-twin 566 cc dengan tiga transmisi kecepatan. Mesin yang berada di antara bagian depan dan bak belakang itu mampu menghasilkan 20 tenaga kuda.

Kompas.com/Wisnubrata Mazda T2000, truk beroda tiga yang merupakan produk awal Mazda

Masih di tahun yang sama, Mazda mengembangkan truk roda tiganya yang pernah sangat populer digunakan di Jepang. Truk seri T itu hadir  antara lain dalam varian T1100, T1500, dan T2000. Penampilan ketiganya mirip satu sama lain. Sekilas, hanya nama model warna krom di panel pintu yang membedakan truk-truk itu.

Model T yang mesin empat silindernya berada di bawah tempat duduk, adalah pengembangan dari Mazda-go. Mesin-mesin yang lebih kuat dipasangkan pada produk-produk ini. T1100 misalnya, memiliki mesin 1139 cc berkekuatan 46 tenaga kuda, dengan kapasitas angkut 1000 kg dan 1500 kg. T1500 dilengkapi mesin 1484 cc berkekuatan 60 tenaga kuda dan kemampuan angkut 2000 kg. Sedangkan T2000 yang hadir belakangan, memiliki mesin 1985 cc.

Baru pada tahun 1960, Mazda membuat mobil penumpang pertamanya, Mazda R360 Coupe. Sejak itulah mobil-mobil penumpang Mazda mulai bermunculan. Termasuk yang diperkenalkan di Hiroshima Agustus ini, All New Mazda2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com