Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Tangki Penuh Bahan Bakar, Hyundai Tucson Ini Jelajahi 3 Negara

Kompas.com - 13/07/2014, 17:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Malmo, KompasOtomotif – Hyundai membuktikan kecanggihan teknologi yang diciptakannya. Klaim terbaru, model SUV mereka, yakni ix35 atau biasa disebut Tucson yang berbahan bakar hidrogen (fuel cell) mampu menempuh jarak 700 km melewati tiga negara hanya dengan sekali isi penuh tangki.

Mobil ini dikendarai dari Oslo, Norwegia dan berakhir di Malmo, Swedia, melewati Gothenburg dan Kopenhagen, Denmark. Perjalanan ditempuh dalam 10 jam dengan kecepatan rata-rata 76 kpj, melewati jalanan bervariasi termasuk kota padat dan jalan tol.

”Kami merencanakan finish di Kopenhagen. Namun kami menyadari, tidak akan cukup hidrogen yang tersisa di tangki sampai ke sana. Namun demikian, untuk menempuh jarak ini hanya sekali isi bahan bakar, menunjukkan potensi teknologi kami dan kekuatan Hyundai ix35 fuel cell,” kata Marius Bornstein, Konsultan Hidrogen Hyundai.

Kegiatan untuk promosi ini bertujuan untuk membuktikan bahwa klaim semula yang diperkirakan mobil hanya bertahan sampai 480-an km, bisa diperpanjang sampai jauh lebih dari angka tersebut.

Hyundai sudah merilis model dengan mesin ramah lingkungan itu di beberapa pasar Amerika Serikat, meski hanya via penyewaan mobil atau fokus pada pasar tertentu seperti California yang sudah ada stasiun pengisian hidrogen.

Meski sukses dan Hyundai patut berbangga dengan itu, sebenarnya teknologi bahan bakar hidrogen dikritik pedas oleh kalangan otomotif. Argumentasinya, teknologi ini masih terlalu mahal dibandingkan dengan mobil bertenaga listrik yang lebih gampang mengisi ulang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com