Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tulang Punggung Baru Hyundai Indonesia

Kompas.com - 11/06/2014, 14:39 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) meluncurkan mobil kota terbaru, Grand i10, yang diproyeksikan sebagai tulang punggung baru. Kemunculannya akan meramaikan pasar yang sedang "hype", bersaing dengan Kia Picanto, Nissan March, Honda Brio, bahkan Toyota Etios Valco.

Kendaraan ini merupakan model global, meluncur pertama kali di India beberapa waktu lalu. Sempat diisukan bakal bernama i15 karena kapasitas mesinnya berada di antara i10 dan i20. Diklaim dengan beragam keunggulan, Grand i10 diharapkan jadi "playmaker" atau pengatur serangan dalam sepakbola, bukan lagi ujung tombak. Posisinya lebih krusial dalam hal penjualan.

"Di sepakbola, playmaker mengontrol alur permainan. Mereka biasanya memakai baju dengan angka '10'. Grand i10 sendiri diharapkan membawa spirit inovasi, yang penampilannya selalu dinamis dan stylish di setiap kesempatan," jelas Presiden Direktur HMI, Mukiat Sutikno.

Sosok city car ini memang menarik. Wajahnya masih mengusung konsep "fluidic sculpture" seperti model Hyundai lainnya. Gril baru heksagonal menjadi ciri khas. Dilengkapi juga dengan daytime running lights (DRL) dan pelek model jaring laba-laba (spyder web).

KompasOtomotif-Donny Tampilan Hyundai Grand i10 kini lebih segar
4 silinder
Di balik kap terdapat mesin Kappa 1.250cc, MPI, D-CVVT, 4-silinder. Tenaga yang dihasilkan mencapai 87 PS @6.000 rpm, dan torsi 12,2 kg-m @4.000 rpm. Mesin itu dipasangkan dengan transmisi 5 percepatan manual dan 4 percepatan otomatis yang dilengkapi mode shiftronic.

Teknologi yang diusung juga diklaim memiliki kenyamanan suspensi yang baik, dan keamanan lulus uji Euro NCAP dengan empat bintang. Interior juga jauh lebih dinamis plus fitur-fitur canggih.

Tersedia dalam enam warna, yaitu putih, oranye, merah, biru, silver, dan hitam. Ada tiga tipe yang ditawarkan, GL MT dengan banderol Rp 139,9 juta, GLS MT Rp 167,9 juta, dan GLS AT Rp 181,9 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com