Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Susul Honda Sebagai Produsen “Terhijau” di AS

Kompas.com - 28/05/2014, 07:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Washington, KompasOtomotif – Keputusan Hyundai Motor Co. untuk fokus menciptakan kendaraan “hijau” membuahkan hasil membanggakan. Grup ilmuwan peneliti iklim global dan pengawas tenaga nuklir, Union of Concerned Scientists, menobatkan perusahaan asal Korea Selatan itu sebagai produsen otomotif paling ramah lingkungan. Penghargaan pada 2014 ini “menyingkirkan” Honda Motor Co yang meraih gelar itu sebelumnya.

Selain Hyundai, Toyota Motor Corp, Nissan Motor Corp, dan Volkswagen AG, masuk di rangking lima besar. Sementara Ford Motor Co, General Motors, dan Chrysler Group berada di urutan terbawah. Honda terpaksa “turun” setelah lima kali mendapatkan gelar “terhijau”.

“Hyundai-Kia melakukan berbagai ubahan berarti, Honda butuh langkah lebih dalam inovasi bila ingin mengambil kembali gelar itu,” tulis ilmuwan seperti dilansir Automotive News, Selasa (27/5/2014).

Hasil temuan dilakukan buat semua perusahaan yang menjual kendaraan di Amerika Serikat. Langkah ini sejalan dengan semakin mengetatnya regulasi rumah kaca, yang akan dimulai pada 2017. Tujuan besarnya menyiapkan produsen menghadapi ketentuan efisiensi bahan bakar kendaraan hingga 23 kpl pada 2025.

Dampak
Pabrikan berskala global berlomba-lomba menciptakan teknologi baru untuk menghadapi tantangan global. Sistem hibrida baru, mobil listrik, menurunkan kapasitas mesin yang diimbangi dengan turbocharger, bahan bakar hidrogen dan fuel cells, adalah berbagai metode yang digunakan menghasilkan mobil baru.

Hyundai bersama merek Kia dinilai berhasil meningkatkan efisiensi dengan cara mengaplikasikan turbocharger di mesin kecil, serta menghasilkan sistem hibrida bensin di Hyundai Sonata dan Kia Optima. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com