Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Tucson dan H-1 Kini Jauh Lebih Segar

Kompas.com - 24/04/2014, 15:13 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) memperkenakan Tucson dan H-1 Next Generation, Kamis (24/4/2014), di Ballroom Le Meridien, Jakarta Selatan. Lebih dari sekadar facelift, keduanya diberi sangat banyak penyegaran di berbagai sektor, mulai pernik eksetior, interior, bahkan disematkan mesin baru.

Inilah penyegaran atau model baru yang ditelurkan HMI untuk mengawali tahun ini, setelah terakhir dikenalkan Santa Fe 4X4 diesel dan bensin tahun lalu. ”Kami juga sudah tak lagi disokong Avega sejak tahun lalu. Hadirnya Tucson dan H1 baru kami harapkan menjadi salah satu backbone,” ujar Presiden Direktur HMI, Mukiat Sutikno.

Tucson
Desain eksterior Tucson kini lebih tegas dengan penambahan aksesori dan pernik. Di antaranya, gril heksagonal yang diberi garis tebal, desain bemper baru, dan pelek baru lebih agresif. Lampu kabut menyatu dengan bemper. Sementara lampu depan lebih sporty menggunakan HID Xenon (XG) Rectangle Bi-Projector dipadu daytime running light LED sebagai ”alis”.

Donny Apriliananda Penampilan baru Hyundai Tucson.

Aksesori yang mempermanis tampilan didapat dari tutup kaca spion yang dilengkapi lampu sein LED. Lampu belakang mempunyai kombinasi baru, lebih garang dengan teknologi LED. Generasi ke-2 Tucson ini menggendong mesin NU 2.0 MPI D-CVVT. Tenaganya mencapai 158 PS di 6.200 RPM, performa oke tapi tetap hemat bahan bakar.

Penyegaran juga dialami interior. Desain fascia tengah berkesan futuristik dinamis. Instrument kluster dilengkapi aksen lampu warna Ice Blue. Semua model sudah dilengkapi indikator gigi transmisi, indikator eco, hingga electric chromic mirror (ECM) dengan display camera, yang bisa membantu pandangan ketika hendak memundurkan kendaraan.

New Hyundai H-1
MPV boxy H-1 juga tak luput mendapat penyegaran. Diklaim, semakin nyaman dan tangguh untuk memenuhi ekspektasi sebagai kendaraan penumpang dengan ruang yang sangat lega. Mobil ini pertama kali hadir pada 2008, dan saat ini diproduksi secara lokal sekaligus untuk memenuhi pasar ekspor.

Donny Apriliananda Hyundai H-1 dengan muka baru.

Tampilan semakin mewah terlihat pada tampilan gril krom dengan desain baru. Mesin juga baru, diesel CRDi 2.5 yang dipasangkan dengan transmisi 5 percepatan shiftronic. Tenaga mencapai 170 PS @3.800 rpm, torsi 392 Nm @2.000-2.500 rpm.

HMI juga memberikan pilihan mesin bensin, Theta II, 2.4 liter, yang mampu menyemburkan tenaga hingga 170 PS @6.000 rpm, dan torsi hingga 227Nm @ 4.200 rpm.

Tucson terbaru diperkenalkan dalam dua model GLS dijual Rp 349 juta dan untuk XG dibanderol Rp 380 juta on the road Jakarta. Sedangakan untuk New Hyundai H-1 Rp 355-499 (off the road).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com