Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chevrolet Aveo Kena “Recall”

Kompas.com - 22/05/2014, 13:52 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Sumber AP
Detroit, KompasOtomotif – Kampanye perbaikan massal kembali menimpa General Motors (GM). Kali ini recall ditujukan pada Chevrolet Aveo di Amerika Serikat.

Tercatat ada 218.000 unit Chevrolet Aveo produksi 2004 sampai 2008 harus dilakukan perbaikan. Ini adalah kesekian kalinya GM harus melakukan recall, dan saat ini total menjadi 13,8 juta unit mobil yang harus ditarik. Angka itu mematahkan rekor 2004, dimana GM harus menarik 10,75 juta unit mobil.

Seperti dilansir AP, Kamis (22/5/2014), National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menjelaskan ada masalah pada modul daytime running lights (DRL). Bila dikendarai siang hari, komponen ini menjadi terlalu panas, meleleh dan terbakar. Juru bicara GM, Alan Adler, mengatakan, belum ada laporan apakah ada korban cedera atau kematian akibat kasus ini.

Dikatakan, pihaknya masih terus menyelidiki dan sedang mengembangkan rencana perbaikan. Rincian terkait masalah modul DRL Aveo tersebut akan segera dikirimkan.

Sebelum recall diumumkan, GM tengah melakukan penarikan pada 2,4 juta unit mobil dari berbagai model yang beredar di AS. Pada Mei ini, total yang sudah diperbaiki 5,5 juta unit mobil.

Bayar Denda
Pekan lalu, General Motors juga sudah sepakat akan membayar denda federal sebesar 35 juta dollar AS. Denda ini dikenakan setelah terbukti menyembunyikan cacat produksi pada di saklar pengapian.

Terkait recall jutaan mobil di kuartal pertama tahun ini, produsen yang berbasis di Detroit ini akan mengalokasikan dana sebesar 400 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com