Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komponen Lokal Menekan Lonjakan Harga Toyota NAV1

Kompas.com - 09/05/2014, 15:15 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Toyota NAV1 sejak pertama kali diluncurkan pada Desember 2012, merupakan rakitan lokal (CKD). Semenjak itu, MPV premium ini baru sekali mendapatkan penyegaran desain. Hari ini, Jumat (9/5/2014), Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan New NAV1 dengan konsep perubahan minor change. Sebagian besar pembaruan memakai komponen lokal.

Kehadiran terbaru mengusung perubahan di bagian eksterior dan interior. Meski tidak banyak, konsepnya mengangkat nuansa elegan. Dari luar, transisi terlihat dari tambahan krom pada pegangan pintu, serta ornamen di bagian belakang. Di bagian dalam, warna ornamen kabin berubah dari beige menjadi hitam.

“Hampir sebagian besar perubahan berasal dari lokal. Seperti pada ornamen di bagian belakang, smoothing panel, dan head unit yang berasal dari Indonesia,” ujar Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran TAM, saat peluncuran, di Jakarta.

Dengan begitu, kenaikan harga bisa ditekan. Samulo mengungkapkan, dari seluruh penyegaran, harga “asli” mencapai Rp 10 – 15 juta. “Untuk model baru ini kenaikan hanya Rp 3 jutaan,” jelasnya.

New NAV1 tetap tersedia dalam dua pilihan varian, tipe G Grade yang dijual dengan harga Rp 386,6 juta dan tipe V Limited dilepas dengan banderol Rp 406 juta. Sepanjang karir (Desember 2012 - Maret 2014), 3.044 unit NAV1 telah beredar di Indonesia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com