Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajang Balap "Mobil Murah" di Sentul

Kompas.com - 27/04/2014, 13:16 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Kendati lahir dengan label “mobil murah”, Honda Brio Satya juga punya garis keturunan balap yang kuat. Alasan itulah yang dipakai Honda Prospect Motor (HPM) menggelar untuk pertama kalinya, kelas Brio Satya dengan mesin 1.2 liter di musim kedua Honda Brio Speed Challenge.

“Kita kalau hanya jual mobil tanpa ada balapan, sepertinya itu bukan Honda. Sekarang kita bisa punya mobil yang cukup ‘terjangkau’, agar pebalap muka baru bisa memulai karir balapan,” ujar Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM di perhelatan tahunan Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2014, Minggu (27/4/2014).

Total Brio yang berkompetisi ada 17 unit. Lima peserta menggunakan Brio Satya dan 12 unit lainnya Brio Sport. Kehadiran Brio Satya di ajang balap satu model, dijadikan sebagai “batu loncatan” sebelum memasuki kelas di atasnya, Brio Sport 1.3 liter dan Jazz 1.5 liter.

Febri Ardani Honda Brio berlaga di Honda Brio Speed Challange 2014.

Mulai musim ini, pebalap yang menggunakan Brio Satya turun di kelas Rookie. Sementara itu, para pebalap yang menggunakan Brio Sport kini akan berlaga di kelas Promotion.

“Sengaja memang kita bedakan semuanya. Sebab dari ajang-ajang sebelumnya, ketika disatukan, pebalap pemula hanya berperan meramaikan saja. Sekarang mereka semua bisa berkompetisi, itu merupakan hal yang bagus,” imbuh Jonfis.

Seluruhnya akan memperebutkan total hadiah uang tunai sebesar Rp.250.000.000,-. Sebagai tambahan, para pebalap yang berlaga dengan Brio Satya, berkesempatan mendapatkan hadiah bila memenangi kategori khusus, Rookie of The Year, Best Lap of The Year, Fastest Lap Record, Most Improve Laptime, dan Most Improve Position, dengan masing-masing senilai Rp 5 juta.

Febri Ardani Honda Jazz Speed Challenge 2014.

Jazz
Selain Brio, HPM juga kembali menyelenggarakan Honda Jazz Speed Challenge 2014. HPM tetap konsisten, ajang adu kebut satu model ini telah berlangsung sejak 2006. Musim 2013 lalu, gelar juara menjadi milik Haridarma Manopo dari tim Asco Racing Team.

Musim ini, 8 peserta terdiri dari pebalap Master (Seeded A – Profesional) dan Rising Star (Seeded B – Amatir), serta Promotion (non seeded – pemula). Musim ini, total hadiah yang akan diperebutkan senilai Rp.500 juta. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com