Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrikan AS Berebut Rancangan Pengganti “The Beast”

Kompas.com - 15/03/2014, 18:07 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Washington, KompasOtomotif - Seluruh manufaktur otomotif di Amerika Serikat ditantang untuk merancang kendaraan operasional kepresidenan AS. Proyek paling meyakinkan akan ditentukan oleh penegak hukum federal, Secret Service. Bila seluruh syarat terpenuhi, kontrak memproduksi suksesor limousine Barack Obama akan diserahkan pada 29 Agustus 2014.

General Motors  yang sudah berpengalaman melahirkan Cadillac presidensial selama tiga dekade  memastikan diri ikut kompetisi ini, diikuti Chrysler yang telah mengonfirmasi sedang melakukan proses pengajuan.

Sementara brand Lincoln turut disertakan oleh Ford, pabrikan kecil lainnya seperti AM General dan pabrikan mobil listrik, Tesla, juga menyatakan ingin beradu inovasi mengembangkan unit dengan persenjataan super lengkap serta sistem komunikasi paling mutakhir.

Daftar limousine presiden AS sebelumnya, terdiri dari Lincoln Continental, Cadillac Fleetwood, Lincoln Town Car, dan Cadillac Brougham. Limousine terbaru akan menggantikan “The Beast”, sebagai edisi terakhir yang kini masih mengemban tugas sejak 2008. Memiliki kapasitas 7-penumpang, dikatakan basisnya sama dengan Cadillac DTS namun “kerangka” dibalut potongan tubuh kombinasi dari Chevrolet Kodiak, Cadillac STS, dan Cadillac Escalade.

Obama sebelumnya menginginkan unit dengan sistem penggerak hibrida, tapi ditolak Secret Service dengan alasan tenaganya tidak cukup untuk bergerak cepat saat dibutuhkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com