Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanzanation Journey 2014 [Barat]

Berbekal "Peusijuek", Tim Avanzanation Tinggalkan Aceh

Kompas.com - 08/02/2014, 17:52 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Banda Aceh, KompasOtomotif – Rombongan Avanzanation Journey wilayah Barat mulai bergerak meninggalkan Banda Aceh, Sabtu (8/2/2014). Sebelum berangkat, tim diberi bekal doa dengan prosesi adat setempat disebut Peusijuek. Diharapkan, tujuan kegiatan dapat dicapai, dan perjalanan pun ditempuh tanpa halangan berarti.

Prosesi dipimpin oleh Teuku Adnan, salah satu pemuka agama setempat, diikuti oleh seluruh tim yang akan melanjutkan perjalanan menuju Medan. Sembari berdoa bersama, ada beberapa item media untuk menyalurkan doa, berupa beras merah dan putih. Tangan semua tim disiram dengan air dari tumbuh-tumbuhan yang hidup dari tanah lokal.

Peusijuek adalah prosesi adat dalam budaya Aceh yang masih dipraktikkan hingga sekarang. Tradisi ini dilakukan hampir semua kegiatan dalam kehidupan, bahkan hal kecil sekali pun. Misalnya memulai usaha, menyelesaikan persengketaan, terlepas atau selesai dari musibah, menempati rumah baru, merayakan kelulusan, memberangkatkan dan menyambut kedatangan haji, dan lainnya.

Perjalanan Panjang
”Hari ini perjalanan sangat panjang, tanpa kegiatan lain. Perkiaraan waktu tempuh 12 jam, kira-kira sampai Medan pukul 23.00. Jarak yang ditempuh sekitar 600-an km, sesekali beristirahat,” ujar Syahru Rama, PIC Sumatera Avanzanation Journey wilayah Barat, saat sedang beristirahat makan siang di daerah Bireun.

Selama perjalanan, tim juga mencari spot-spot unik dan indah untuk keperluan dokumentasi. Kondisi jalan cukup lancar. Kontur perbukitan tetap mendominasi, dengan kualitas jalan kurang baik dan banyak lubang. Namun, suspensi dan ground clearance Toyota Avanza yang mumpuni membuat perjalanan tetap nyaman.

Sesampai di Medan nanti, banyak acara menanti, termasuk melakukan city touring dengan komunitas Toyota Avanza di Medan, dan menghadiri Avanzanation.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com