Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanzanation Journey 2014

Rahasia Toyota Avanza Tetap Unggul di Aceh

Kompas.com - 07/02/2014, 19:41 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Banda Aceh, KompasOtomotif – Kontur jalan daerah perbukitan dan dalam kota yang kurang baik, membuat konsumen Low MPV di daerah Sumatera, khususnya Banda Aceh sangat selektif. Mereka mempercayakan pada mobil yang sanggup dengan baik melalui karakteristik jalan tersebut.

Toyota Avanza punya spesifikasi yang sesuai dan menjawab kebutuhan tersebut. Terbukti dengan penjualan yang sangat baik di Banda Aceh. Fouzi Muhammad, Kepala Cabang PT Dunia Barusa, dealer mobil Toyota di Aceh menuturkan, dari penjualan rata-rata 295 unit sebulan, lebih dari separuhnya Avanza.

”Kami mendapat feedback yang sangat baik dari konsumen. Bahwa spesifikasi Avanza sangat cocok untuk kondisi jalan di Aceh, atau umumnya di daerah Sumatera,” terang Fouzi.

Kelebihan
Pernyataan itu diperkuat Edri Hidayat, Supervisor Sumatera Indirect Auto2000 Wilayah Sumatera, yang membawahi PT Dunia Barusa. Dikatakan, kontur jalan perbukitan, berkelok, naik-turun, dan tidak rata, membuat konsumen harus memilih Low MPV segmen yang tepat.

”Sumatera ini kan dikelilingi bukit barisan. Tanggapan konsumen sangat baik. Mereka (konsumen) mengatakan dengan yakin bahwa penggerak roda belakang dan ground clearance tinggi sangat dibutuhkan. Avanza punya itu semua. Masuk kebun oke dan mereka masih merasa nyaman. Ini konsumen yang mengatakan, jadi istilahnya ini adalah bahasa riil dari mereka,” beber Edri.

Layanan
Tak hanya karena ketangguhan produk, Edri meyakini, memanjakan konsumen dengan pelayanan ekstra akan semakin memperkuat loyalitas pengguna. ”Suku cadang ada di mana-mana, ada juga Toyota Home Service. Kami di Aceh akan membuka cabang baru di Meulaboh, melengkapi dealer di Banda Aceh dan Lhokseumawe,” imbuhnya.

Auto2000 Sumatera sendiri yang membawahi wilayah NAD, Sumut, Sumbar, Sumsel, Bangka Belitung, dan Lampung, berhasil menjual mobil Toyota 49.994 unit di 2013. Dari jumlah itu, Avanza terjual 25.557 unit atau menguasai lebih dari 50 persen penjualan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com