Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detail 17 Mobil dan 1 "Moge" Milik Wawan yang Disita KPK

Kompas.com - 29/01/2014, 18:52 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Hingga kemarin, Selasa (28/1/2014), 17 mobil dan 1 motor gede (moge) hasil sitaan dari tersangka kasus dugaan suap pengurusan sengketa Pilkada Lebak, Banten, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan, "menghiasi" pelataran parkir Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Total banderol seluruh kendaraan itu ditaksir mencapai Rp 40,5 miliar. Apa saja mobilnya, KompasOtomotif mengulasnya satu per satu.

Lexus LS
Lexus LS merupakan sedan mewah dengan banderol Rp 2,3 miliar. Di Indonesia, mobil ini hanya dipasarkan dua varian, mesin bensin dan hibrida. 

KOMPAS.com/ICHA RASTIKA Nissan GTR warna putih B 888 GAW milik Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan yang disita penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tiba di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2014).

Nissan GT-R
Sportcar ini selalu jadi incaran orang berduit. Pasalnya, model yang kerap disebut "Godzilla" tersebut punya tenaga sekelas "supercar" dengan harga lebih di bawahnya (Rp 2,2 miliar).

KOMPAS.com/RAHMAT FIANSYAH Mobil Ferrari milik Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan yang disita KPK, kini berada di pelataran parkir Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Selasa (28/1/2014).

Ferrari California
Supercar jenis Grand Touring ini punya atap keras yang bisa melipat. California punya nilai lebih buat para kolektor sebab model ini merupakan unit Ferrari pertama yang memakai mesin V8 di bagian depan. Saat diluncurkan 2009 lalu di Jakarta, banderol mobil ini mencapai Rp 4 miliar.

TRIBUNNEWS/DANY PERMANA Mobil mewah jenis Lamborghini, Ferrari, Bentley, Rolls Royce, dan Nissan GTR milik Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan disita oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, diparkir di halaman Kantor KPK, Jakarta, Selasa (28/1/2014). Penyitaan dilakukan terkait dengan pencucian uang yang dilakukan adik Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah tersebut.

Lamborghini Aventador
"Mainan" kaum borjuis ini merupakan salah satu model terlaris milik pabrikan berlogo banteng tersebut. Tahun lalu, Lamborghini berhasil menjual 1.001 Aventador dan 1.120 unit Gallardo. Harga Aventador di Indonesia sekitar Rp 9 miliar. 

Bentley Continental GT
Sedan "superpremium" ini pernah dijual di Indonesia dengan harga Rp 6,5 miliar. Mesinnya menggunakan mesin W12 (sama jenis dengan Bugatti Veyron), 6.0L, turbo ganda, 560 PS, dan 650 Nm.

Rolls-Royce Ghost
Mobil ini sudah cukup jelas menandakan pemiliknya adalah seorang miliuner. Harganya mencapai Rp 12 miliar. Bisa dipastikan setiap model yang terjual berbeda sebab seluruh interior dibuat handmade, menyesuaikan permintaan pribadi sang pemilik.

KOMPAS.com/ICHA RASTIKA Motor Harley Davidson tipe V Rod milik Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan yang disita penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tiba di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2014).

Harley Davidson V-Rod
Di Indonesia, model ini merupakan salah satu varian yang kurang diminati karena suara knalpotnya dianggap kurang gahar. Namun, di AS, V-Rod kerap digunakan buat "drag race". Harganya sekitar Rp 400 juta.

Toyota
KPK menyita tiga unit Innova dari berbagai tempat. Harga termurahnya Rp 217 juta. Bila dikalikan tiga, nilainya Rp 651 juta. Model lain adalah Avanza. Varian paling murah mobil berpenumpang terlaris di Indonesia ini berharga Rp 163,1 juta. Selain itu, masih ada SUV Fortuner Rp 400 juta, dan terakhir, model Land Cruiser, banderolnya bisa tembus Rp 1,3 miliar.

BMW 530i
Kemarin, BMW Group Indonesia baru saja meluncurkan edisi terbaru Seri 5. Sedan mewah bikinan Jerman ini merupakan rival Mercedes Benz E-Class dan Audi A6. Harga 530i bisa menyentuh Rp 900 juta (off the road).

Honda Freed
MPV medium saingan Innova ini punya keunggulan pada fitur pintu geser dan jok kapten di baris kedua. Tipe terendah dihargai Rp 218 juta.

Ford Fiesta
Subkompak atau segmen B ini model hatchback dengan banderol paling murah Rp 195 juta.

Mitsubishi
Dua model berlogo tiga berlian, yakni Outlander (Rp 295 juta) dan Pajero Sport (Rp 394 juta), juga termasuk mobil yang disita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com