Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Model Baru, Pemasok Toyota Tambah Modal

Kompas.com - 21/01/2014, 11:45 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Reuters
Tokyo, KompasOtomotif - Toyoda Gosei Co salah satu perusahaan pemasok komponen Toyota Motor Corporation bersiap diri, menambah modal usaha mulai tahun fiskal mendatang (April 2014-Maret 2015). Tambahan ini dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pabrikan yang banyak menyiapkan model-model baru.

Tadashi Arashima, Presiden Direktur Toyoda Gosei mengatakan, perusahaan juga berencana membangun pabrik baru di beberapa negara, termasuk Brasil dan Indonesia. Toyoda Gosei saat ini memproduksi beberapa komponen utama mobil, antara lain lingkar setir dan kantung udara (airbag).

Modal usaha perusahaan diprediksi naik 12 persen menjadi 435 miliar yen tahun fiskal 2014. Perusahaan yang 43 persen sahamnya dimiliki Toyota, berharap laba bersih naik 17 persen menjadi 25 miliar yen pada periode yang sama.

Pesanan komponen diprediksi naik, karena melihat adanya potensi perbaikan bertahap di pasar Eropa, Amerika Serikat, dan China. Di Amerika Utara, Toyoda Gosei lagi berusaha menggejot produksi karena pemulihan pasar lebih cepat dari yang diprediksi.

Toyoda Gosei tercatat dalam peringkat 28 di dunia, dari 100 perusahaan komponen global otomotif di dunia. Total transaksi yang dikumpulkan pada tahun fiskal 2012, tercatat mencapai 7,2 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com