Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Button Juara F1 Hongaria, Hamilton Kena Penalti

Kompas.com - 31/07/2011, 20:53 WIB

HONGARIA, KOMPAS.com — Jenson Button tampil luar biasa hebat di GP F1 Hongaria yang berlangsung ketat dan diganggu rintik hujan, Minggu (31/7/2011). Pebalap McLaren ini berhasil memenangkan balapan setelah menempuh 70 lap dengan total waktu tempuh 1 jam 46 menit 42,337 detik.

Button hampir saja jadi penonton di awal balapan. Pasalnya, ketika start ia sempat bersenggolan ringan dengan rekan satu timnya, Lewis Hamilton, yang sama-sama berebut masuk tikungan kedua. Ia pun memberi peluang kepada Hamilton, tetapi dengan perjuangan gigih mampu melesatkan MP4-26 sampai finis.

Ini merupakan hadiah istimewa buat penampilannya yang ke-200. Dan, kini ia mendapat tambahan 25 angka menjadi 134, tetapi tidak dapat mendongkrak posisinya yang tetap menduduki peringkat kelima.

Sementara Hamilton harus puas finis di posisi keempat. Padahal, ia sempat memimpin balapan cukup lama.  Sayang, hukuman drive through penalty membuat dirinya harus finis di posisi keempat.

Posisi kedua direbut oleh Sebastian Vettel. Pebalap Jerman ini banyak melakukan kesalahan akibat kondisi lintasan yang licin. Ia sempat keluar lintasan atau menikung terlalu melebar.

Lintasan yang licin juga membuat Fernando Alonso harus kerja keras menjinakkan mobil yang acap spin kecil. Bahkan ia sempat ke luar lintasan, tetapi berkat strategi tim yang jitu, ia dapat naik podium ketiga. Selain itu, dugaannya sebelum lomba kalau McLaren favorit juara jadi kenyataan.

 

Panik 15 lap pertama

Hujan yang turun jelang start para pebalap menggunakan ban intermediate. Cipratan air dari ban sangat mengganggu konsentrasi dan pandangan saat start. Dua pebalap McLaren sempat senggolan ringan ke luar tikungan pertama karena berebutan untuk masuk tikungan kedua.

Hujan yang kian deras membuat laju kendaraan menari-nari diiringi irama mesin dan membuat pebalap panik. Alonso yang start kelima melorot di belakang dua mobil Mercedes, tetapi tidak sampai 3 lap ia dapat melibasnya. Namun, di lap 4, saat ia sudah menduduki urutan keempat di belakang Vettel, Hamilton dan Button keluar jalur sehingga Rosberg dapat menyalipnya.

Pada lap 3, Hamilton coba menyalip Vettel, tetapi gagal. Upaya itu dilakukan lagi di lap berikutnya, tetapi tetap tak berhasil. Baru di lap 5 ia berhasil mengambil alih pimpinan akibat Vettel menikung terlalu lebar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com