Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Amerika Resmikan Stasiun Hidrogen Pertama

Kompas.com - 11/05/2011, 10:20 WIB

TORRANCE, KOMPAS.com — Toyota Motor Sales Amerika, kemarin (10/5/2011), meresmikan tempat pengisian bahan bakar hidrogen pertamanya di negeri Abang Sam (AS). Ini merupakan hasil kerja sama Toyota, Air Products, Shell, Coast Air Quality Management District (SCAQMD), dan Departemen Energy (DOE). Persediaannya disuplai langsung dari industri hidrogen dengan menggunakan sambungan pipa.

Fasilitas ini hanya menyediakan hidrogen untuk sel bahan bakar kendaraan Toyota sebagai program demo seperti yang dimiliki pabrikan lain di Los Angeles.

"Membangun infrastruktur pengisian bahan bakar hidrogen merupakan langkah penting untuk turut menyukseskan penjualan kendaraannya," komentar Chris Hostetter, Wakil Presiden Group, Produk, dan Strategi Perencanaan Toyota Motor Sales (TMS). Menurut Chris, pihaknya akan mulai menjual kendaraan hidrogen pada 2015 atau bisa lebih cepat. Jadi, infrastrukturnya harus ada terlebih dulu untuk mendukung kebutuhan pelanggan.

Tempat pengisian ini berdekatan dengan kantor pusat penjualan dan pemasaran TMS. Sebagai pemilik tanah, Toyota menyewa tanah kepada Shell. Adapun Shell yang menjadi operator bekerja sama dengan Air Product yang menyediakan peralatan, termasuk pipa gas dari pabrik di Wilmington dan Carson, California.

"Ini kali pertama Shell bekerja sama dengan manufaktur kendaraan untuk mengembangkan stasiun demonstrasi," sebut Julian Evison, General Manager of Operation for Shell.

Sementara itu, Air Product punya peran untuk mengembangkan Hydrogen Vehicle Authorization System (HVAS). Ini menjadi yang pertama untuk industri dan tergolong unik di Torrance.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com