Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokyo Motor Show Pindah ke Tokyo Big Sight

Kompas.com - 04/10/2010, 18:47 WIB

TOKYO, KOMPAS.comThe Japan Autmobile Manufacturers Asscociation Inc (JAMA) yang diwakili ketuanya Toshiyuki Shiga, memutuskan akan memindahkan tempat penyelenggaraan Tokyo Motor Show (TMS) ke-42 ke Tokyo Big Sight, Koto-ku, Tokyo. Jadwal penyelenggaraan juga berubah, yaitu dari 2 -11 Desember 2011 atau berlansung 10 hari, mirip seperti IIMS. Pembukaan untuk publik dimulai 3 Desember. Sebelumnya pameran belangsung antara akhir Oktober dan awal November.

Diceritakan, awalnya Tokyo Motor Show diselenggarakan di Tokyo International Trade Centre di Harumi, Tokyo selama 30 tahun, yaitu dari ke-6 pada 1959 sampai yang ke-27 pada 1987. Setelah itu, selama dua puluh tahun lebih, dari ke-28 sampai ke-41 pada 2009, pindah ke  Makuhari Messe di Chiba. Selama di Makuhari, menurut JAMA telah terjaring 17 juta pengunjung dengan status pameran menjadi tingkat internasional.

Kelahiran Kembali Tahun depan, yang dianggap JAMA sebagai langkah maju, bersamaan dengan pemindahan tempat penyelenggaraan, dianggap sebagai awal era baru “ kelahiran kembali” Tokyo Motor Show.

“Kelahiran Tokyo Motor Show ke-42 adalah penyatuan kembali pameran secara komprehensif. Kita pameran menyatukan mobil penumpang, kendaraan komersial, sepeda motor, karoseri, komponen, mesin-mesin dan perkakas kerja atau bengkel," pernyataan JAMA dalam rilisnya.

Dijelaskan puula,  kesertaan sebagian besar merek dari Jepang dan luar negeri, membuat pameran otomotif internasional ini akan menjadi pusat  informasi teknologi keamanan dan lingkungan generasi mendatang industri mobil mendatang.

Pada pameran yang akan datang,  pengunjung tidak hanya memperoleh kesempatan melihat dan menyentuh mobil dan sepeda motor mutakhir, juga mengemudikan dan mengendarainya langsung.

Dibandingkan dengan tahun lalu, pameran pada 2011 berlangsung lebih cepat 3 hari. Tujuannya, nenurut pantian untuk memberikan kenyamanan bagi peserta luar Jepang. Kendati demikian, bisa jadi pula, pameran tahun depan adalah upaya JAMA membuat TMS kembali ramai seperti sebelumnya. Maklum tahun lalu banyak peserta, terutama produsen non-Jepang, absen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com