Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Kebut Produksi 300.000 Unit Per Tahun

Kompas.com - 28/08/2010, 07:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Predikat produsen otomotif terbesar di Indonesia sepertinya semakin lekat dengan Daihatsu. Pasalnya, tahun ini, target produksi mereka kembali dinaikkan menembus 300.000 unit dari sebelumnya 280.000 unit.

Penurunan produksi pada Agustus dan September dimanfaatkan untuk mempersiapkan peningkatan jumlah produksi.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), menjelaskan bahwa pabrik akan kembali menggenjot produksi pada bulan Oktober untuk memenuhi permintaan. "Tag time (waktu produksi) dipercepat menjadi 1,5 menit dari 1,9 menit. Kami juga melakukan berbagai efisiensi sehingga produktivitas meningkat," beber Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor, semalam, di Jakarta.

Mei lalu, PT Astra International Tbk, perusahaan induk ADM, menyuntikkan dana Rp 250 miliar untuk meningkatkan kapasitas produksi dari 211.000 unit menjadi 280.000 unit. Bila semula ditargetkan tahun depan, ternyata rencana tersebut dipercepat tahun ini.

Sebelumnya, Sudirman MR selaku Wakil Presiden Direktur ADM menjelaskan akan memperluas pabrik untuk merespons pasar otomotif pada 2011. Bahkan, kalau situasi pasar terus membaik, kapasitas produksi bisa digenjot menjadi 330.000 unit per tahun dengan cara lembur.

Target final ADM dalam jangka panjang adalah memproduksi 400.000 unit per tahun. "Itu masih rencana jangka panjang. Semuanya tergantung pada situasi ekonomi dan permintaan pasar mobil di Indonesia ke depan,” papar Sudirman.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo),  Januari-Juli 2010, total produksi industri mobil nasional 405.133 unit atau naik 66,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, 242.762 unit. Sampai akhir tahun, pasar mobil nasional diprediksi bakal mencatat rekor baru sepanjang sejarah dan menembus 700.000 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com