Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar dari Kasus "Power Window Master Switch" Honda

Kompas.com - 02/02/2010, 14:15 WIB

KOMPAS.comRecall yang cukup menghebohkan saat ini adalah tombol power window Honda Jazz. Ternyata, di Indonesia yang di-recall adalah Honda New City. Lebih lengkap lagi, yang bermasalah—sesuai rilis yang dikeluarkan Honda—adalah power window master switch atau tombol utama yang berada pada pintu di sisi pengemudi.

Pada pintu sisi pengemudi, terdapat lima tombol dengan master berada paling depan yang bergambar kaca.

Karena air
Sebenarnya, selama tidak ada air yang tumpah atau masuk ke bezel tombol power window tak menimbulkan masalah. Namun, bila ada tumpahan atau tetesan air hujan masuk atau merembes ke tombol power window dan menumpuk dalam waktu lama mengakibatkan kedua terminal atau kontak tombol menjadi berkarat.

Air yang berada di antara kedua kontak juga menyebabkan listrik mengalir secara terus-menerus. Kontak jadi panas dan akhirnya meleleh. Power window pun tidak bisa bekerja.

Kaca dibuka
Air dan kotoran bisa saja menumpuk lebih cepat pada tombol utama power window (master) karena kaca dan pintu sering dibuka. Kondisi ini umumnya terjadi pada mobil dengan pengemudi yang menjadi perokok berat. Mereka lebih sering membuka kaca baik sedikit maupun seluruhnya dibandingkan pengemudi yang tidak merokok.

Pada kondisi seperti itu, air dan kotoran lebih gampang masuk bezel tombol-tombol. Apalagi, kaca dan pintu sering dibuka ketika hujan.

Faktor lain juga membuat tombol di sisi pengemudi cepat rusak karena kacanya lebih sering difungsikan. Kaca mesti dibuka-tutup ketika mengambil karcis atau membayar jalan tol, parkir, dan sebagainya.

Karena baru kali ini terjadi, belum ada penjelasan apakah power window bermasalah karena materi atau desain yang kurang bagus. Bisa pula posisi penempatannya yang tidak tepat.

Bila master-nya yang rusak, seluruh sistem power window tidak bisa bekerja, termasuk tombol pada pintu penumpang baik depan maupun belakang.

Kendati mobil Anda bukan Honda City ataupun Jazz, kasus yang sama bisa saja terjadi pada mobil yang menggunakan power window. Karena itu, sebaiknya segera keringkan tombol-tombol bila kena hujan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com