Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW 730Li: iDrive dan Profesional Hi-Fi (Bagian 2)

Kompas.com - 29/12/2009, 10:20 WIB

KOMPAS.com — Mencoba atau mengeksploitasi fitur dan teknologi yang disertakan pada 730Li tak cukup dalam waktu sehari. Setelah mengagumi teknologi pintu, setir, dan transmisi steptronic 6 percepatan, begitu duduk di jok pengemudi dan memerhatikan tombol-tombol konsol tengah, kita perlu lagi untuk memahami dan informasi saja apa yang bisa diperoleh dari iDrive.

Di konsol tengah, selain iDrive dan toggle transmisi, juga ada tombol untuk menyetel suspensi dengan empat pilihan, seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Ketika dicoba jalan, sistem langsung bekerja. Saat meluncur di dalam kota, pilihan paling umum adalah comfort. Kendati demikian, kita juga bisa menggunakan normal. Kalau tidak diperhatikan dengan cermat, perbedaan tidak bisa dirasakan.

Pilihan menarik bagi mereka yang suka tancap gas adalah sport dan sport +. Selama dites, pilihan sport membuat suspensi terasa lebih keras, tetapi memberikan kestabilan dengan tingkat yang lebih baik.

iDrive. Sistem iDrive yang digunakan BMW sekarang ini lebih mudah dioperasikan dibandingkan versi pertama. Pengoperasian tombol mirip dengan toggle yang bisa diputar, digeser ke samping, kemudian atas dan bawah.

iDrive dilengkapi dengan harddisk 25 GB. Untuk penyimpanan lagu, peranti itu hanya bisa dimanfaatkan 8 GB (untuk format MP3 standar, kapasitas tersebut bisa untuk menyimpan 2.000 lagu).

Untuk menggulung (scroll) layar informasi dan menu, ke atas atau ke bawah, potensiometer diputar dan tombol digeser ke kanan, kiri, atas, dan bawah. Fitur iDrive versi terbaru menggunakan tujuh tombol dan menu langsung, yaitu MENU, CD, TEL, RADIO, NAV(igation) yang di Indonesia tidak berfungsi, BACK (mundur atau kembali ke posisi semula), dan OPTION. 

Berbagai informasi bisa diperoleh melalu iDrive, mulai dari konsumsi bahan bakar, jarak tempuh, jumlah bahan bakar yang masih ada dan jarak yang bisa ditempuh, sampai ke buku manual. Selain itu, fitur ini tentu saja bisa dimanfaatkan untuk menyimpan lagu-lagu kesukaan pemiliknya. Layar minitor depan berukuran 10,2 inci dengan resolusi 1028 x 480 piksel.

Untuk memonitor suasana belakang, 730Li tidak dilengkapi dengan kamera. Namun, untuk memantau obyek di belakang mobil ketika mundur dan maju, selain ada peringatan suara, proses itu juga bisa diketahui melalui tayangan layar depan. Ini cukup membantu!

Profesional Hi-Fi. Sistem entertainment pada Seri-7 sesuai dengan kelasnya. Sisi belakang kedua sandaran jok depan dipasangi TV LCD yang juga bisa digunakan untuk mendapatkan informasi lainnya seputar mobil. Layar informasi depan hanya berfungsi sebagai TV ketika diam. Begitu jalan, TV itu tidak berfungsi. Menurut BMW, hal tersebut dibuat demi keamanan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com