Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hibrida Terbaik: Seri, Paralel, atau Seri-Paralel?

Kompas.com - 18/08/2009, 16:28 WIB

KOMPAS.com — Mobil hibrida adalah mobil yang menggunakan dua sumber penggerak. Secara umum saat ini, mobil hibrida menggunakan motor bakar dan motor listrik untuk memutar roda. Khusus untuk motor bakar, saat ini yang banyak digunakan adalah mesin bensin.

Karena menggunakan dua sumber penggerak, ada tiga cara mengaplikasikannya untuk memutar roda. Ketiganya adalah seri, paralel, dan kombinasi seri-paralel. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Tidak hanya kelebihan (kesederhanaan) atau kekurangan (kerumitan) teknologi dari setiap sistem yang membuat kinerja sistem berbeda. Kondisi lalu lintas juga berpengaruh. Misalnya dalam kota dan di jalan tol yang benar-benar bebas macet!

Seri
Inilah konfigurasi hibrida paling sederhana. Pada hibrida seri, hanya motor listrik yang bertugas menggerakkan roda. Motor listrik menerima tenaga listrik dari baterai atau dari generator yang digerakkan oleh mesin bensin.

Komputer menentukan berapa banyak tenaga dari baterai atau generator/mesin. Generator dan rem regeneratif mengisi baterai. Mesin biasanya berkapasitas kecil dan dihubungkan secara seri karena hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga rata-rata.

Baterai biasanya lebih bertenaga dibandingkan pada hibrida paralel. Hal ini dilakukan untuk memperoleh kebutuhan tenaga yang besar. Untuk ini, ukuran baterai dan motor lebih besar. Di samping itu, harus menggunakan generator yang juga berfungsi sebagai motor starter saat mesin dihidupkan pertama kali. Motor starter atau generartor dimanfaatkan sebagai regeneratif energi saat rem digunakan.

Akibatnya, biaya hibrida seri lebih mahal dibandingkan hibrida paralel. Saat ini yang menggunakan konfigurasi tersebut adalah Chevy Volt.

Kalau mesin bensin boros saat mobil digunakan di dalam kota atau lalu lintas macet (stop & go), hibrida seri justru memberikan hasil terbaiknya. Penyebabnya, mesin bensin hanya bekerja pada rentang sangat sempit atau mendekati efisiensi optimumnya.

Di samping itu, sistem seri ini juga tidak memerlukan kopling dan transmisi agar mobil bisa bekerja pada berbagai kondisi kerja. Mesin bensin baru bekerja bila energi pada baterai habis. Mobil hanya digerakkan oleh motor listrik.

Paralel
Mesin bensin dan motor listrik langsung menggerakkan roda. Tambahan kontrol komputer dan transmisi memungkinkan komponen bekerja secara bersama-sama. Konsep ini diaplikasikan Honda pada Insight, Civic, dan Accord, kemudian menyebutnya Integrated Motor Assist (IMA). Merek lain yang memilih cara ini adalah Mercedes-Benz dan BMW.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com