Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asal Tahu, Keyless Entry Bukan Alarm

Kompas.com - 25/02/2009, 16:16 WIB

Beberapa mobil baru kini sudah dilengkapi dengan sistem remote keyless entry (RKE). Peranti standar buat kendaraan menengah ke atas untuk memudahkan pengendara dalam membuka-mengunci pintu. Belakangan ditambah lagi fitur elektronik yang berhubungan dengan sistem elektronika pada mobil. Tujuannya agar pengemudi, dalam menghidupkan mesin, tanpa harus menggunakan kunci kontak.

Namun, banyak orang yang mengira teknologi RKE berperan ganda sebagai alarm. "Teknologi RKE tidak memiliki fitur shock sensor juga sistem alarm sehingga fitur keamanannya belum maksimal," bilang Irvanto Wahono, Retail Operational Manager CCAS, gerai spesialis alarm mobil.

Sekarang ini sudah banyak dijual sistem security alarm yang sistemnya terkoordinasi dengan RKE OEM mobil. Jadi, dengan menggunakan RKE bawaan mobil, kita juga dapat mengunci mobil sekaligus mengaktifkan alarm tambahan.

Teknologi alarm keamanan sendiri kian hari kian banyak fitur yang ditawarkan. Yang terpenting mendapatkan keamanan yang maksimum dengan pemasangannya. Ada beberapa fitur umum dan penting yang perlu diperhatikan dalam memilih produk alarm ini.

1. Shock Sensor
Sensor ini ada di setiap alarm. Akan aktif setelah mobil menerima bentuk getaran dari luar. Bunyinya bisa disetel atau disesuaikan dengan tingkat getaran.

2. Antistarter
Cukup menyulitkan pencuri untuk membawa kabur mobil karena bisa menonaktifkan fungsi kunci kontak untuk menstarter mobil. Tersedia switch untuk mengaktifkannya kembali, yang disimpan di tempat tersembunyi di kabin.

3. Antibajak
Punya banyak fungsi. Selain bisa mengingatkan pemilik mobil ketika pintu dibuka, yang kemudian tertutup saat mesin masih menyala, yang satu ini juga bisa mengaktifkan pengunci pintu dalam kondisi kecepatan konstan atau mesin keadaan stasioner. Bahkan, saat berhenti di lampu lalu lintas, secara otomatis pintu akan mengunci.

Sistem antibajak ini juga punya transponder yang dapat menjebak pencuri dalam mobil ataupun mengaktifkan pengunci pintu ketika mobil dibawa jauh dari pemilik.

4. Sensor gerak
Sensor bayangan memang terpisah dari paket security alarm. Ditempatkan di dalam kabin yang mampu mendeteksi sinyal hyper frequency (HF), berupa gerakan dalam kabin, misalkan tangan. Sensor gerak ini fungsinya untuk menyulitkan tangan-tangan jahil untuk menggasak barang berharga di dalam kabin. Sensor gerak ini tak terpengaruh oleh kondisi perubahan suhu udara, angin, dan suara. * (Rendy)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com