Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHM Berharap Program Subsidi Motor Listrik Berlanjut Tahun Depan

Kompas.com - 27/08/2024, 08:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Program bantuan pemerintah untuk pembelian motor listrik masih bergulir. Bantuan ini berupa subsidi harga Rp 7 juta untuk motor listrik yang memenuhi persyaratan tertentu.

Bila pada tahun 2023 penyalurannya masih sedikit, maka pada tahun 2024, penjualan motor listrik subsidi melonjak signifikan.

Sepanjang tahun ini, motor listrik subsidi kian diminati, bahkan telah melampaui capaian tahun lalu sebanyak 11.532 unit.

Baca juga: Kebiasaan Parkir yang Bisa Merusak Transmisi Mobil

Honda EM1 e:Dok. AHM Honda EM1 e:

Octavianus Dwi, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, perusahaan berharap program subsidi motor listrik dilanjutkan pada tahun depan.

“Iya, subsidi akan sangat membantu. Kita juga berkomunikasi dengan pemerintah, memaksimalkan deadline-nya kapan kita ikuti dan kita akan sampaikan ke konsumen untuk dimanfaatkan segera,” ujar Octa di Bekasi (23/8/2024).

“Ya kita berharap (dilanjutkan tahun depan), tapi kan tergantung beliau-beliau di pemerintah punya kebijakan seperti apa,” kata dia.

Baca juga: Perbedaan Isi Ban Pakai Udara Biasa dan Nitrogen

Dilansir dari laman Sisapira (26/8/2024), dari total kuota 50.000 unit untuk tahun 2024, jumlah motor listrik subsidi yang tersalurkan mencapai 30.066 unit.

Adapun sebanyak 20.168 unit telah melakukan proses pendaftaran dan sebanyak 4.782 unit sudah terverifikasi. Sedangkan jumlah kendaraan yang telah diterima masyarakat pada 2024 sebanyak 55.015 unit.

Sebagai informasi, saat ini ada dua model motor listrik Honda yang berhak mendapat subsidi. Keduanya adalah EM1 e: yang dijual Rp 40 juta dan EM1 e: Plus seharga Rp 40,5 juta (harga sebelum subsidi).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau