Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kasus Kebakaran Mobil Listrik, Korsel Percepat Sertifikasi Baterai

Kompas.com - 26/08/2024, 20:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Korea Selatan (Korsel) bersama Partai Rakyat Berkuasa sepakat mempercepat sertifikasi baterai pada kendaraan listrik (electric vehicle/EV) khususnya roda empat.

Kesepakatan tersebut menyusul insiden kebakaran Mercedes-Benz EQE yang tiba-tiba di parkiran basement Incheon, Korea Selatan, 1 Agustus 2024 lalu yang berdampak terhadap 140 mobil sekitarnya rusak.

Dilansir Reuters, Senin (26/8/2024), Juru Bicara Partai Rakat Berkuasa Han Zeea menyebut skema sertifikasi EV akan dilakukan pada Oktober 2024 ini, lebih awal dari yang dijadwalkan.

Baca juga: Mobil Baru Hyundai Tertangkap Kamera Sedang Tes Jalan, Diduga Tucson

Baterai mobil listrik buatan LG-HyundaiKompas.com/Ruly Baterai mobil listrik buatan LG-Hyundai

"Ini untuk membantu menjamin keamanan baterai kendaraan listrik," kata Han.

Pemerintah juga setuju mewajibkan produsen mobil yang beroperasi di negara tersebut untuk mengidentifikasi baterai yang digunakan dalam kendaraan listrik.

Aturan yang lebih ketat juga akan diterapkan demi keselamatan kendaraan listrik, salah satunya seperti mobil listrik yang kapasitas baterainya tidak 90 persen dilarang parkir di basemen.

"Sebagai bagian dari langkah-langkah keselamatan, pemerintah akan merevisi aturan peralatan pemadam kebakaran," kata Han.

"Tempat parkir bawah tanah (basemen) dengan stasiun pengisian daya EV harus dipasang sistem penyiram pipa basah di tempat parkir bawah tanah dengan stasiun pengisian daya kendaraan listrik. Selain itu daya harus ditingkatkan untuk mencegah pengisian daya berlebih," lanjut dia.

Namun saat ini pihak Pemerintah Korea Selatan belum memastikan mengapa Mercy EQE tiba-tiba meledak ketika diparkir di basemen Incheon.

Baca juga: Pentingnya Mendahulukan Kendaraan Prioritas di Jalan Raya

Kebakaran sedan listrik Mercedes-Benz EQE di Korea SelatanDok. Carscoops.com Kebakaran sedan listrik Mercedes-Benz EQE di Korea Selatan

Satu hal yang pasti, insiden yang terjadi di parkiran Incheon pada 1 Agustus 2024 tersebut membuat 140 mobil disekitarnya mengalami rusak parah dan 23 warga dilarikan ke rumah sakit karena menghirup asap berbahaya.

Kemudian juga 103 orang dievakuasi di gedung-gedung sekitar karena mulai terpapar asap hitam.

Bukan cuma itu saja, sistem kelistrikan di kompleks gedung pun kena efek kebakaran hebat itu yang terjadi selama delapan jam. Sebanyak nyaris 500 rumah tangga terpaksa mengalami listrik padam dan air selama lima hari.

Kabar terbaru, beberapa perusahaan mobil saat ini secara sukarela mulai menyebutkan nama produsen baterai yang mereka gunakan.

Pembuat baterai Korea Selatan tidak punya alasan untuk menolak menyebutkan di mana sumber daya mereka digunakan, meskipun publik tidak boleh berasumsi baterai selalu menjadi penyebab kebakaran kendaraan listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau