Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan dan Kekurangan Ban Motor Soft Kompon buat Harian

Kompas.com - 06/08/2024, 15:24 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan komponen penting di sepeda motor karena satu-satunya bagian yang langsung menyentuh aspal.

Saat ini tren yang berkembang di masyarakat ialah menggunakan ban dengan kompon lunak (soft compound) sebab dianggap lebih baik dalam mencengkram aspal.

Baca juga: Jangan Ditiru, Video Honda CBR250RR Pakai Ban Botak

Ban soft compound dirilis setelah pabrikan ban motor melihat adanya tren ban balap buat dipakai harian. Karena spek ban khusus balap bakal mubazir jika dipakai harian menggerus aspal jalan.

Motor listrik hasil konversi dengan basis motor bebek Honda AstreaKompas.com/Donny Motor listrik hasil konversi dengan basis motor bebek Honda Astrea

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban IRC dan Zeneos mengatakan, IRC punya ban soft compound yaitu IRC MBR-110 dan IRC Speed Winner untuk Yamaha Aerox.

“Kelebihan ban soft compound memang banyak, yaitu lebih banyak traksi. Ini biasanya yang pakai yang suka sunmori atau turing motor,” ujar Doddy kepada Kompas.com, Selasa (6/8/2024).

Namun ada kualitas ada harga. Dodi mengatakann, kelemahan ban soft compound ialah ban cepat habis dan harganya di atas ban harian biasa.

Baca juga: Langkah BYD Hindari Antrean MPV Listrik M6 ke Konsumen

Ban IRC RX-02 Foto: IRC Ban IRC RX-02

“Ya cuma begitu, bannya cepat habis karena karetnya lunak. Kemudian juga harganya lebih mahal dari ban biasa buat harian,” ujar Dodi.

Dodi mengatakan, meski menggunakan bahan soft compound ban jenis ini dirancang buat harian dan bukan untuk pemakaian balap.

Ban soft compound IRC memiliki level di tengah-tengah. Mulai dari grip, harga, dan kekuatan berada di tengah-tengah antara ban yang khusus untuk harian dan ban balap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau