Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Fitur Cruise Control di Innova Zenix Tipe G, Modal Rp 5,5 Juta

Kompas.com - 31/07/2024, 14:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur cruise control pada kendaraan dinilai memiliki sejumlah manfaat. Salah satunya yaitu bisa membuat mobil melaju dengan kecepatan stabil, tanpa perlu pengemudi menginjak pedal gas secara terus menerus.

Dengan kata lain, fitur ini bisa meringankan kerja pengemudi, sehingga bisa mengistirahatkan kaki untuk beberapa saat.

Beberapa mobil multi purpose vehicle (MPV) saat ini sudah dibekali dengan fitur cruise control, seperti yang sudah disematkan pada Toyota Innova Zenix. Sayangnya, fitur cruise control baru disematkan pada tipe tertinggi yakni Q Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Baca juga: Cintanya Belum Habis, Jorge Martin Sebut Bisa Kembali ke Ducati

Meski demikian, bagi Anda pemilik Innova Zenix tipe G yang ingin lebih nyaman dan rileks saat menyetir di tol, ternyata sudah bisa menambah fitur cruise control.

Muhammad Bobby, pemilik bengkel spesialis setir dan body part Bobby Spec Rare Item mengatakan, pemasangan fitur cruise control baru bisa dilakukan pada Innova Zenix tipe G bensin non hybrid.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MUHAMMAD BOBBY (@bobbyspecrareitem)

“Untuk saat ini baru bisa pasang cruise control di Zenix tipe G non hybrid, tipe lain belum bisa. Dan untuk proses pemasangannya kurang lebih sama seperti Innova Reborn, plug and play saja,” ucap Bobby, kepada Kompas.com, Rabu (31/7/2024).

Layaknya Innova Reborn, Zenix tipe G sendiri sebetulnya sudah dibekali dengan fitur cruise control, hanya saja pabrikan belum mengaktifkan fitur tersebut.

Adapun untuk proses pemasangan harus melepas setir. Setir bawaan pabrik akan diganti dengan setir Original Equipment Manufacturer (OEM) yang sudah memiliki tombol cruise control. Kemudian dilanjutkan dengan memasang kabel ke elektrikal di sekitar setir, di mana sudah ada tempat untuk fitur cruise controlnya.

Baca juga: Ragam Komunitas Akan Ramaikan Sunmori Fest 2024 Bandung

Menyoal harga, pemasangan cruise control pada Innova Zenix tipe G dibanderol Rp 5,5 juta dengan durasi pemasangan 30 menit saja.

Cruise control Zenix itu harus ganti full tombol setirnya, di harga Rp 5,5 juta dengan pengerjaan 30 menit,” kata Bobby.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau