Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Serius Kia Indonesia Bersaing di Segmen Elektrifikasi

Kompas.com - 27/07/2024, 20:00 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

TANGERANG, KOMPAS.com - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 menjadi ajang pembuktian untuk banyak pabrikan, termasuk Kia. Melalui PT Kreta Indo Artha (KIA), pabrikan asal Korea Selatan ini menegaskan komitmennya di segmen kendaraan elektrifikasi.

Pada GIIAS 2024, KIA membawa jajaran kendaraan elektrifikasi andalannya, yakni EV6 GT-Line dan EV9 GT-Line. Selain kedua model tersebut KIA juga meluncurkan varian baru dan model baru untuk melengkapi jajaran model kendaraan elekrrifikasinya.

Baca juga: Kia Ikut Bicara soal Insentif Hybrid

Varian terbaru yang diperkenalkan adalah EV9 Earth. Sedangkan model terbarunya adalah Carnival Hybrid.

Booth Kia di GIIAS 2024Kompas.com/Donny Booth Kia di GIIAS 2024

Ario Soerjo, Marketing and Development Division Head PT KIA, mengatakan, komitmen Kia untuk mendukung percepatan elektrifikasi di Indonesia tidak hanya mencerminkan inovasi, tetapi juga upaya KIA dalam menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan.

"Dengan menghadirkan seri EV9, EV6, dan The New Kia Carnival Hybrid, kami berharap dapat memberikan pengalaman berkendara yang premium bagi para konsumen sekaligus mendukung transisi menuju mobilitas ramah lingkungan," ujar Ario, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Kia Ungkap Strategi Bersaing dengan Mobil Listrik China

Untuk diketahui, EV9 Earth merupakan SUV listrik 7-penumpang yang dilengkapi berbagai fitur penunjang kenyamanan, seperti Front Ventilated and Heated Seat, Triple Zone Auto Climate Control, serta Wireless Charging yang dapat memastikan kenyamanan berkendara berkualitas tinggi.

Booth Kia di GIIAS 2024Kompas.com/Donny Booth Kia di GIIAS 2024

Tentunya, EV9 Earth tetap dilengkapi dengan fitur bantuan pengemudi alias Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), airbag 10 titik, kamera parkir belakang, dan sensor parkir.

EV9 Earth dibekali dengan baterai berkapasitas 76,3 kWh. Dengan baterai tersebut, mobil listrik ini diklaim dapat menempuh jarak hingga 443 Km dalam kondisi baterai terisi penuh. Untuk urusan performa, Kia membekalinya dengan motor listrik tunggal pada roda belakang yang mampu menghantarkan tenaga sebesar 217 PS dan torsi 350 Nm.

Booth Kia di GIIAS 2024Kompas.com/Donny Booth Kia di GIIAS 2024

Sementara Carnival Hybrid, dapur pacunya dilengkapi dengan mesin bensin Smartstream Gamma II 1.6 T-GDi berkapasitas 1.600 cc turbocharger. Mesin pembakaran internal ini dipadukan dengan motor listrik dan baterai lithium-ion berkapasitas 1,49 kWh.

Dengan mesin tersebut, mobil hybrid ini dapat menghasilkan kombinasi tenaga hingga 245 PS dengan torsi 367 Nm. Namum, tidak selalu tentang performa, tapi juga kenyamanan dan kemewahan Carnival Hybrid tetap menjadi perhatian Kia. Penumpang bisa dimanjakan melalui adanya BOSE 12-Speaker Sound System dan Ventilated and Heated Seat di baris pertama dan kedua. Bahkan, disematkan juga mode relaxation seat di baris kedua dengan 4-way power seat dan leg support.

Booth Kia di GIIAS 2024Kompas.com/Donny Booth Kia di GIIAS 2024

Deretan kendaraan elektrifikasi Kia ini juga menarik perhatian banyak figur publik, tak terkecuali Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini sempat mencoba merasakan kenyamanan kabin EV6 hingga EV9.

Selain kedua model terbaru, model lama seperti EV6 GT-Line, EV6 GT, dan EV9 GT-Line juga tidak kalah menarik perhatian pengunjung GIIAS 2024. EV6 GT-Line pertama kali dihadirkan di GIIAS 2022. Sedangkan EV6 GT dan EV9 GT-Line, baru dihadirkan pada GIIAS 2023.

Booth Kia di GIIAS 2024Kompas.com/Donny Booth Kia di GIIAS 2024

Kehadiran EV9 GT-Line saat itu juga jadi yang pertama kalinya di Asia Tenggara. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa keberadaan Kia di Indonesia sangat penting.

Membahas sedikit soal spesifikasinya, EV6 GT-Line didukung baterai berkapasitas 77,4 kWh yang mampu menjelajah hingga 506 kilometer dalam satu kali pengisian daya. EV6 GT-Line juga dibekali berbagai fitur canggih, seperti Wide Sunroof, Front Ventilated Seat, Meridian Premium Sound System, Advanced Driver Assistance System (ADAS) lengkap, Remote Smart Parking Assist, hingga fitur Vehicle to Load (V2L).

Booth Kia di GIIAS 2024Kompas.com/Donny Booth Kia di GIIAS 2024

Untuk varian EV6 GT, memiliki tampilan dan performa yang lebih sporty dibandingkan varian GT-Line. EV6 GT memiliki beragam fitur modern yang sama dengan varian GT-Line dengan performa berkendara yang lebih tinggi berkat penggunaan dua motor listrik yang dipadukan dengan sistem penggerak All Wheel Drive (AWD).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau