Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Rocky Hybrid Kembali Dipajang di GIIAS 2024, Belum Dijual

Kompas.com - 18/07/2024, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) turut meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 dengan menghadirkan kendaraan elektrifikasi. Salah satunya adalah Rocky Hybrid.

SUV tersebut hadir melalui varian tertingginya, yakni Premium G HEV 1.2 L. Mobil ini dilengkapi dengan teknologi e-Smart Hybrid dan dijual di pasar otomotif domestik di Jepang.

Baca juga: Daihatsu Bawa Deretan Mobil Rendah Emisi di GIIAS 2024, Ada Rocky Hybrid

Sistem hybrid yang diadopsi adalah series hybrid. Artinya, tenaga mesin konvensional digunakan sebagai generator untuk menghasilkan listrik, dan diteruskan untuk menggerakkan motor utama ke roda depan.

Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2024Kompas.com/Donny Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2024

Untuk mesinnya sendiri, Rocky Hybrid mengandalkan mesin berkapasitas 1.200 cc, 3-silinder, dengan kode WA-VEX. Mesin ini mmemiliki desain struktur yang ringkas diklaim ideal dalam mendukung aktivitas sehari-hari.

“Melalui momentum GIIAS 2024, kami menghadirkan rangkaian kendaraan rendah emisi, salah satunya melalui Rocky Hybrid yang telah dipasarkan di Jepang hingga saat ini. Rocky Hybrid menggunakan mesin 1.2L dengan sistem Series Hybrid, mampu mencapai efisiensi bahan bakar optimal hingga 28 Kilometer per liter,” ujar Yasushi Kyoda, Presiden Direktur PT ADM, dalam sambutannya, di booth Daihatsu, Rabu (17/7/2024).

Baca juga: Daihatsu Tidak Pasang Target Penjualan di GIIAS 2024

Dalam hal teknis, Daihatsu Rocky Hybrid memiliki desain mekanisme yang ringkas. Transaxle alias transmisi kendaraan bermesin depan berpenggerak roda depan memiliki mekanisme transmisi daya yang terdiri dari motor generator (MG) sebagai daya penggerak, gigi reduksi, dan mekanisme diferensial.

Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2024Kompas.com/Donny Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2024

Bobot kendaraan juga menjadi lebih ringan berkat penggunaan baterai lithium ion yang ringkas dan berkapasitas 4,3 Ah dengan kepadatan energi tinggi.

Dalam hal fitur keselamatan dan keamanan, Daihatsu Rocky Hybrid dilengkapi dengan berbagai sistem keamanan aktif Smart Assist. Terdapat 19 fungsi keselamatan aktif yang berbeda, fungsi peringatan dan pengereman terhadap potensi tabrakan yang mendukung mode malam hari, pendeteksi pejalan kaki, hingga fungsi pendeteksi rambu lalu lintas untuk memberikan peringatan maximum speed dan stop.

Daihatsu Rocky Hybrid juga telah mengadopsi rem parkir elektrik, disertai Adaptive Cruise Control (ACC) yang dapat membuat berkendara jarak jauh lebih nyaman. Rocky Hybrid juga menyematkan fitur Cornering Trace Assist (CTA) yang berfungsi menstabilkan kendaraan Ketika sedang menikung dengan memberikan pengereman ke roda agar tidak keluar dari jalur dan tetap aman dan nyaman ketika berkendara.

Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2024Kompas.com/Donny Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2024

Namun, sayangnya lagi-lagi Rocky Hybrid hanya sekadar dipamerkan. Daihatsu belum berniat untuk memasarkannya di Indonesia.

"Sebenarnya, bukannya tidak mau, tapi kita masih studi, kita masih lihat perkembangan pasar. Pada saat yang tepat, nanti pasti kita akan sampaikan. Kita masih terus memonitor perkembangan pasar," ujar Rokky Irvayandi, Domestic Marketing Division Head PT ADM.

Selain Rocky Hybrid, kendaraan elektrifikasi lainnya yang dipamerka oleh Daihatsu adalah mobil listrik konsep Daihatsu me:MO.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau