Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Spesifkasi Mobil Listrik Honda e:N1

Kompas.com - 18/07/2024, 08:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Honda e:N1 resmi menyapa di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. SUV bertenaga baterai ini merupakan mobil listrik pertama Honda yang bakal meluncur di Tanah Air.

Honda mengonfirmasi bahwa e:N1 akan meluncur di Indonesia pada 2025. Waktunya disegerakan paling cepat pada kuartal pertama atau setidaknya tak lebih dari semester satu 2025.

Baca juga: GWM Tank 300 Resmi Dirilis di GIIAS 2024, Estimasi Harga Rp 833 Jutaan

Pada dasarnya e:N1 adalah mobil listrik dari konsep e:Ny1. Sebelumnya mobil SUV listrik ini sudah dipasarkan di China dan Eropa pada tahun 2023, dan kemudian diluncurkan di Thailand pada awal 2024.

Honda e:N1 GIIAS 2024KOMPAS.com/Adityo Wisnu Honda e:N1 GIIAS 2024

Secara tampilan mobil yang kerap disebut sebagai HR-V listrik ini nyaris serupa dengan HR-V versi konvensional bertenaga bensin. Perbedaan pada bagian fasia depan, di mana HR-V listrik menggunakan desain gril tertutup.

Bagian bumper juga terlihat lebih pendek, serta penggunaan roda yang besar menjadikannya terlihat lebih bergaya.

Penanda bahwa mobil ini mobil listrik terlihat dari bagian pengisian daya yang disematkan di depan bumper depan, yang mana proses buka tutupnya hanya cukup ditekan.

Baca juga: Sedan Listrik Aion ES Resmi Dijual Rp 386 Juta

Meski mobil listrik desain e:N1 bisa dibilang "aman" tidak terlalu futuristik. Konsep seperti ini cocok buat konsumen yang lebih konservatif dan tidak ingin terlalu menonjol di jalan.

Masuk ke bagian interior, mobil menawarkan kabin yang nyaman dan sporty. Layout dasbor dibuat serupa dengan HR-V versi konvensional dengan sentuhan layar head unit 15,1 inci dan pengisan nirkabel.

Honda e:N1Kompas.com/Aris Honda e:N1

Baca juga: Neta X Resmi Meluncur di GIIAS 2024, Harga mulai Rp 460 Juta

Meski tampilan luarnya nyaris identik dengan HR-V konvensional, e:N1 dikembangkan memakai platform khusus mobil listrik yaitu e:N Architecture F. Mobil dibekali satu motor listrik penggerak roda depan dan baterai yang diletakkan di lantai.

Honda e:N1 dibekali motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 201 Tk dan torsi 310 Nm. Catu daya menggunakan baterai berkapasitas 68,8 kWh dengan daya jelajah sampai 412 kilometer.

SUV listrik ini dibekali baterai lithium-ion yang dapat melakukan pengisian daya cepat dari 10 persen sampai 80 persen hanya membutuhkan waktu 45 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau