Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan Royal Enfield Soal Motornya yang Jadi Bahan Modifikasi

Kompas.com - 11/07/2024, 18:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Royal Enfield merupakan salah satu merek yang menjual sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 250cc. Model motornya yang klasik serta banderolnya yang relatif ekonomis disukai pengguna motor di Indonesia.

Bahkan beberapa model Royal Enfield kerap dijadikan kanvas buat modifikasi. Contoh saja motor chopper milik Presiden RI Joko Widodo, basisnya mesin Royal Enfield.

Presiden saja pakai motor yang basisnya Royal Enfield, tidak heran kalau pemilik lainnya pun turut memodifikasi.

Baca juga: Royal Enfield Indonesia Bilang Bakal Banyak Produk Baru Meluncur

Royal Enfield Interceptor 650 hasil karya Frontwheel Motors di BogorFRONTWHEEL MOTORS Royal Enfield Interceptor 650 hasil karya Frontwheel Motors di Bogor

Menurut Anindya Dwiasti, Marketing Head Royal Enfield Indonesia mengatakan, budaya modifikasi di Indonesia memang sudah terbentuk, jadi tidak heran banyak yang memodifikasi motornya.

"Misal orang beli Royal Enfield, pasti ada yang mereka ganti. Misal jok, setang, atau pasti knalpot," kata Anin di Bogor, Rabu (10/7/2024).

Anin dan Royal Enfield Indonesia melihatnya bukan sebagai masalah. Malah perusahaan dukung, karena memperlihatkan karakteristik penggunanya.

Baca juga: Daftar 10 Besar Negara Tujuan Ekspor Mobil Rakitan Indonesia

"Kita endorse. Kita lihat karakter orang yang sudah beli Royal Enfield itu enggak mau sama dengan yang lain," kata Anin.

Jadi bisa dikatakan kebanyakan pemilik Royal Enfield mau personalisasi motornya. Makanya apa yang dikendarai, bakal sesuai dengan karakter pengendaranya.

"Makanya Royal Enfield motornya banyak yang meluncur. Memang karakter (orang) beda-beda, enggak mungkin satu motor pas dengan semua," kata Anin.

Saat ini, Royal Enfield punya lini produk yang beragam, mulai dari Classic 350, Bullet 350, Hunter 350, Meteor, Scram 411, Himalayan, Interceptor, Continenal GT, dan Super Meteor 650.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau