Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Creta Ditabrak Kereta, Pemilik Cuma Bisa Merenung

Kompas.com - 07/06/2024, 16:29 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, beredar video viral di media sosial yang memperlihatkan detik-detik mobil ditabrak kereta. Pemiliknya tidak sempat memindahkan mobilnya tersebut.

Pada video yang diunggah oleh akun Instagram @agoez_bandz4, Kamis (6/4/2024), terlihat mobil jenis sport utility vehicle (SUV) ditabrak oleh kereta. Diketahui mobil yang ditabrak adalah Hyundai Creta.

Baca juga: Pengguna Kendaraan Harus Hati-hati Saat Lewat Pelintasan Kereta Api

Creta tersebut diparkir tepat di pinggir jalan. Tapi, sayangnya posisinya terlalu dekat dengan jalur kereta. Sehingga, tabrakan tidak terhindarkan. Diketahui insiden tersebut terjadi di Hanoi, Vietnam, bukan di Indonesia.

Dalam video terlihat pemilik mobil lari menuju mobilnya tapi tak sempat. Tabrakan yang terjadi tepat di depan matanya membuat si pemilik hanya bisa termenung.

Kejadian serupa bukan tidak mungkin terjadi juga di Indonesia. Contohnya, jalur Kereta Jaladara di Solo, juga dekat dengan jalan raya.

Training Director Safety Defensive Consultant, Sony Susmana, mengatakan, berhenti atau parkir itu ada aturannya, harus aman. Tidak boleh sembarangan atau jika keras kepala akan ada konsekuensi seperti terserempet, hilang, diderek, atau fatalnya tertabrak.

Baca juga: Kecelakaan Fatal Kereta Api Vs Bus Putra Sulung di Pelintasan Liar

"Pada video jelas pengemudi lalai mengabaikan keamanan, memang di pinggir jalan, tapi dekat dengan rel kereta, bukan berarti sepi terus tidak ada kereta yang lewat," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Inilah mobil Suzuki Carry warna merah milik Tarmuji, warga Gading Permai, Kelurahan Petahunan, Kecamatan Gading Rejo, Kota Pasuruan yang rusak tertabrak Kereta Api Argo Semeru saat melewati di pelintasan kereta api tanpa palang di Desa Wonoasri, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat (12/4/2024) siang.Dokumentasi KAI DAOP 7 Madiun Inilah mobil Suzuki Carry warna merah milik Tarmuji, warga Gading Permai, Kelurahan Petahunan, Kecamatan Gading Rejo, Kota Pasuruan yang rusak tertabrak Kereta Api Argo Semeru saat melewati di pelintasan kereta api tanpa palang di Desa Wonoasri, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat (12/4/2024) siang.

"Kalau terserempet kendaraan kecil cuma lecet, tapi kalau terserempet kereta pasti remuk. Sebab, kita tidak tahu kapan kereta itu lewat dan kereta itu tidak bisa menghindar karena sudah berjalan di relnya," kata Sony.

Sony menambahkan, kereta tidak bisa serta merta berhenti, pasti ada jarak berhenti yang panjang.

Sebaiknya tidak melakukan parkir atau berhenti di sembarang tempat karena berisiko bahaya. Bukan berarti di parkiran resmi tanpa risiko, tapi paling tidak minim risiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com