Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Singkat Chery Tiggo 5X dan Wuling Alvez

Kompas.com - 06/06/2024, 17:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sempat tertunda, akhirnya Chery Sales Indonesia (CSI) resmi mengumumkan peluncuran Tiggo 5X yang akan dihelat pada 13 Juni 2024.

Keluarga baru dari Tiggo di Indonesia ini akan mengisi segmen SUV ringkas dengan mesin 1.500 cc NA, dan memiliki kapasitas lima penumpang.

Bicara soal peta kompetisi, selain Hyundai Creta, Tiggo 5X juga akan bersaing dengan rival senegaranya, yakni Wuling Alvez, dengan kapasitas mesin dan segmen yang sama.

Soal visual, Tiggo 5X punya tampilan yang sebenarnya mirip dengan Tiggo 7 Pro. Kesan sebuah SUV modern terlihat dari model gril dan bumper yang besar, sementara Wuling Alvez lebih menonjolkan kesan modern.

Baca juga: Chery Pastikan Tiggo 5X Meluncur Pekan Depan

Wuling AlvezWuling Motors Wuling Alvez

Didukung LED lengkap dengan crystal diamond lens, Tiggo 5X diklaim punya pencahayaan yang cukup optimal, meski secara desain memang terlihat lebih modern tampilan Alvez.

Chery Tiggo 5X memiliki panjang 4.318 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.670 mm, sedangkan jarak sumbu roda 2.630 mm yang lumayan besar untuk SUV ringkas. Sementara Alvez, punya dimensi panjang 4.350 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.610 mm, dan jarak sumbu roda 2.550 mm.

Meski demikian, banyak yang menilai tampilan belakang Tiggo 5X terlalu konvensional, tak seperti Alvez atau rival lainnya yang punya kesan modern.

Baca juga: Diskon Toyota Yaris Cross 2023 Tembus Rp 45 Juta


Masuk ke interior, sama-sama mengusung konsep lima penumpang, urusan baris pertama antara Tiggo 5X dan Wuling Alvez menawarkan kelapangan yang cukup baik untuk orang dewasa dengan tinggi 175 cm. Demikian juga untuk sisi ergonomisnya.

Namun untuk posisi duduk, Tiggo 5X terasa lebih tinggi dibanding Alvez. Sementara untuk baris kedua, meski keduanya masih bisa menampung penumpang dewasa dengan baik, namun posisi duduknya sedikit lebih nyaman Alvez.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Hybrid Juni 2024, mulai Rp 270 Jutaan

Desain kabin Wuling Alvez cukup modern. Wuling pintar memadukan berbagai motif yang membuat tampilan kabin jadi lebih premiumKOMPAS.com/Adityo Wisnu Desain kabin Wuling Alvez cukup modern. Wuling pintar memadukan berbagai motif yang membuat tampilan kabin jadi lebih premium

Tiggo 5X punya layout modern untuk interiornya yang dipadukan dengan nuansa gelap. Untuk versi tertinggi, ada tambahan aksen merah di beberapa bagian.

Sementara fitur hiburan, Chery menyediakan layar sentuh 10,25 inci lengkap dengan koneksi Apple CarPlay dan Android Auto, Intelligent Voice Assistant, serta 6 buah speaker dan sunroof.

Wuling sendiri meneruskan kesan elegan pada eksterior ke dalam interior Alvez. Dasbor dibuat minimalis dengan sentuhan kelir hitam dan silver lengkap bersama sentuhan soft touch serta balutan kulit sintetis pada bagian jok yang serupa dengan Tiggo 5X.

Baca juga: Cek Harga LSUV Baru di Pertengahan 2024, Banyak yang Naik

Sedangkan sektor hiburan, Alvez juga menggunakan layar 10.25 inci yang tentunya terkoneksi dengan Wuling Indonesian Command (WIND) dan Internet of Vehicle (IoV), empat buah speaker.

Interior Chery Tiggo 5XKOMPAS.com/STANLY RAVEL Interior Chery Tiggo 5X

Baik Alvez maupun Tiggo 5X sama-sama memiliki sunroof pada tipe tertingginya. Hal ini menjadi salah satu nilai tambah yang diberikan untuk memberikan kesan lebih mewah.

Tiggo 5X dilengkapi dengan Advanced Driving Assistance Systems (ADAS). Terdapat 7 fitur meliputi, lane departure warning, blind spot detection, rear cross traffic alert, adaptive cruise control, font collision warning, autonomous emergency braking, dan intelligent high beam control headlamp.

Sementara Alvez, terdiri dari Adaptive Cruise Control, Bend Cruise Assistance, Traffic Jam Assistance with lane-keeping function, Intelligent Cruise Assistance with lane-keeping function, Safe Distance Warning, Forward Collission Warning, Collision Mitigation System, Automatic Emergency Braking, Intelligent Hydraulic Braking Assistance, dan Lane Departure Warning.

Baca juga: Penyebab Mobil Transmisi Matik Menyentak Saat Pindah Gigi

Masuk ke sektor mesin, dapur pacu Tiggo 5X mampu menghasilkan tenaga sebesar 112 tk dan torsi 138 Nm, sedangkan Alvez punya tenaga 105 Tk dan torsi 143 Nm. Jelas dari data, Tiggo 5X punya tenaga sedikit lebih besar.

Wuling Alvez meluncur di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, Februari lalu. Alvez menjadi senjata Wuling masuk ke segmen baru yaitu SUV ringkas atau bisa disebut SUV B.KOMPAS.com/Adityo Wisnu Wuling Alvez meluncur di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, Februari lalu. Alvez menjadi senjata Wuling masuk ke segmen baru yaitu SUV ringkas atau bisa disebut SUV B.

Tak heran bila performa di putaran bawah Tiggo 5X lebih responsif, namun memang di putaran tengah sampai atasnya, keduanya sedikit serupa. Bahkan ketika memaksakan kick down, terdengar suara raungan yang cukup terasa baik untuk Alvez maupun Tiggo 5X.

Masuk ke masalah harga, Wuling membanderol Alvez dari Rp 214 juta hingga Rp 300 juta. Sementara Tiggo 5X, selama prebooking dipasarkan Rp 249 juta hingga Rp 279 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com