Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Avanza Terbakar, Diduga akibat Bawa Jeriken Berisi BBM

Kompas.com - 24/05/2024, 14:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Avanza hangus terbakar di daerah Handil Jaya, Kota Jambi, Kamis (23/5/2024). Kebakaran diduga karena mobil membawa beberapa jeriken yang berisi BBM.

Berdasarkan informasi dari akun Instagram Kelakuandijalan, mobil tersebut tiba-tiba mengeluarkan api dari bagian belakang. Kemudian, mobil menepi dan menabrak warung di pinggir jalan.

Pengemudi pun turun sambil mengeluarkan jeriken dari kabin belakang. Api tadi semakin besar saat berusaha dipadamkan pakai air.

Baca juga: Kecelakaan Mobil Terbakar di Tol Jakarta-Cikampek, Imbas Pecah Ban

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by kelakuan di jalan (@kelakuandijalan)

 

Eko Nugroho, Anggota Regu Pemadam Kebakaran Sektor IV Kecamatan Pasar Minggu, mengatakan, memadamkan mobil yang terbakar karena bahan bakar tidak bisa pakai air malah makin menyebarkan apinya.

"Massa jenis bahan bakar lebih ringan dari air, mengakibatkan saat disiram, bahan bakar tadi ada di atas air, jadi api semakin meluas atau membesar mengikuti air tersebut," kata Eko kepada Kompas.com, Jumat (24/5/2024).

Untuk penyebab apinya, Eko memperkirakan bahwa ada panas atau gesekan yang mengakibatkan percikan api. Ketika bertemu dengan bahan bakar, api akan membesar.

Baca juga: Tol Jakarta-Tangerang Arah Jakarta Padat, Contraflow Berlaku


"Untuk pemadaman, bisa menggunakan alat pemadam api ringan (APAR). Maka dari itu, penting memiliki APAR di setiap kendaraan dan rumah tinggal," kata Eko.

APAR berbeda dengan air, kandungan yang ada di dalamnya bisa langsung memadamkan api. Sedangkan air malah membawa BBM di atasnya sehingga membuat kebakaran makin besar dan meluas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com