Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Temukan Pemalsuan Bukti Lulus Uji Elektronik Bus Pariwisata

Kompas.com - 24/05/2024, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Memastikan keselamatan transportasi jalan khususnya bus pariwisata, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) gencar adakan pengawasan terhadap kelaikan operasional pada momen libur panjang Hari Raya Waisak 2024.

Dari data pemeriksaan yang dilakukan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat di wilayah DKI Jakarta, Banten, Kabupaten Bogor, dan Riau, ditemukan 69 persen atau 46 bus pariwisata telah mengantongi Bukti Lulus Uji Elektronik (BLU-e) yang digunakan sebagai bukti uji lulus Kir.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, pada masa libur ini pihaknya berkomitmen untuk melakukan pengawasan lebih gencar pada bus-bus pariwisata.

Baca juga: Libur Panjang, Bus Pariwisata yang Beroperasi Wajib Laik Jalan dan Berizin

Hal ini tak lepas dari beberapa kecelakaan maut bus pariwisata beberapa waktu lalu. Salah satunya tragedi di Subang yang memakan korban hingga puluhan jiwa.

"Pengawasan yang dilakukan meliputi pengecekan kelengkapan surat-surat kendaraan dan kelaikan jalan dari bus itu sendiri. Kegiatan ini dilakukan di seluruh Indonesia melalui perpanjangan tangan kami di daerah yaitu Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD)," ucap Hendro dalam keterangan resminya, Kamis (23/5/2024).

Dari data terkini, Hendro menjelaskan telah diperiksa 67 bus pariwisata. Hasilnya, 46 bus atau 69 persen BLU-e masih berlaku, dan 31 bus atau 46 persen KP-nya terdaftar.

Sisanya ditemukan tidak memenuhi persyaratan administrasi seperti, status kir yang habis masa berlakunya dan Kartu Pengawasan (KP) yang tidak diperpanjang maupun tidak terdaftar.

Baca juga: Pertama di Indonesia, UI dan Petrosea Pamerkan Bus Listrik Konversi

Pemeriksaan bus pariwisataKEMENHUB Pemeriksaan bus pariwisata

"Kami menemukan di lapangan masih banyak bus pariwisata yang tidak memenuhi syarat administrasi, ada 12 bus yang masa berlaku kir-nya habis dan ada 6 bus yang KP-nya tidak dilakukan perpanjangan, sedangkan sisanya tidak dapat menunjukkan hasil uji kir dan KP. Bahkan ditemukan 2 bus dengan BLU-e palsu. Kasus seperti ini akan diteruskan ke kepolisian untuk ditindaklanjuti agar memberikan efek jera," ucap Hendro.

Kemenhub tidak tinggal diam pada bus pariwisata yang tidak memenuhi persyaratan administrasi.

Bagi yang status uji kir telah kedaluwarsa, dilakukan penindakan tilang oleh kepolisian dan diwajibkan membuat surat pernyataan agar tak beroperasi sebelum dilakukan uji kir perpanjangan terlebih dahulu.

Baca juga: Cerita Pengendara Fortuner Kecelakaan karena Aquaplaning

Kondisi Bus Pariwisata Bimario setelah dievakuasi ke Satlantas Polres Jombang, Jawa Timur, Rabu (22/5/2024). Kendaraan yang membawa puluhan siswa SMP PGRI 1 Wonosari, Malang, mengalami kecelakaan di jalan tol Jombang - Mojokerto, Selasa (21/5/2024) malam.KOMPAS.COM/MOH. SYAFIÍ Kondisi Bus Pariwisata Bimario setelah dievakuasi ke Satlantas Polres Jombang, Jawa Timur, Rabu (22/5/2024). Kendaraan yang membawa puluhan siswa SMP PGRI 1 Wonosari, Malang, mengalami kecelakaan di jalan tol Jombang - Mojokerto, Selasa (21/5/2024) malam.

Pengawasan dan penindakan bus pariwisata dilakukan selama empat hari, yakni 23 - 26 Mei 2024, dan akan dilanjutkan setiap minggunya minimal satu kali satu lokasi wisata di tiap-tiap daerah yang tersebar di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com