Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTM Buka Suara soal Mesin 2027, Tenaga Bisa Berkurang sampai 30 Tk

Kompas.com - 20/05/2024, 13:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber PaddockGP

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP sudah meresmikan peraturan baru untuk musim 2027. Ada beberapa komponen yang diatur salah satunya yaitu pengurangan kubikasi mesin dari 1.000 cc menjadi 850 cc.

Salah satu alasan keluarnya peraturan tersebut yaitu untuk membatasi kecepatan motor. Sebab makin lama motor MotoGP makin kencang dan pada akhirnya bisa membahayakan para pebalap.

Baca juga: Hyundai Ungkap Strategi Bersaing dengan Mobil Listrik China

Direktur Teknis KTM, Sebastian Risse, mengatakan, kecepatan motor MotoGP pada 2027 akan berkurang sebab tenaga mesin di bawah peraturan baru disunat antara 3 Tk sampai 30 Tk.

KTM akan tetap menggunakan rangka serat karbon yang sudah dikembangkan dari musim lalu. Foto: Crash KTM akan tetap menggunakan rangka serat karbon yang sudah dikembangkan dari musim lalu.

"Jika kita mengambil parameter baru sebagai dasar, mesin 850 cc akan menghasilkan sekitar 3-30 tenaga kuda lebih sedikit," ujar Risse dikutip dari Paddock-GP, Senin (20/5/2024).

Untuk diketahui top speed atau kecepatan terkencang motor MotoGP saat ini dipegang Brad Binder yang diraih di sprint race MotoGP Mugello 2023, pakai motor KTM RC16 dengan catatan 366,1 kpj.

Baca juga: Jangan Diabaikan, Ini 4 Ciri Rem Mobil Mulai Bermasalah

Risse mengatakan, saat ini pihaknya masih memakai tipe mesin V4 namun ke depan KTM tidak menutup kemungkinan beralih jenis mesin yang lain seperti mesin inline-4.

Untuk diketahui mesin V4 lebih favorit, beberapa pabrikan yang memakai mesin V4 ialah Honda, Ducati, Aprilia dan KTM. Konfigurasinya berbentuk huruf ''V'' dengan dua silinder di depan dan dua di belakang.

KTM RC16s KTM RC16s

Baca juga: Inreyen Masih Berlaku pada Sepeda Motor Baru?

Adapun mesin inline 4 tinggal dipakai oleh Yamaha (karena Suzuki sudah keluar pada 2022). Sesuai namanya, konfigurasi mesin atau 4 silinder segaris artinya artinya mesin punya empat silinder, yang semuanya berbaris sejajar satu arah.

"Sangat masuk akal untuk mempertimbangkan versi lain dari mesin empat silinder. Saya juga tidak akan mengesampingkan inline four," ungkapnya.

“Kami sudah mengambil keputusan untuk konsep mesinnya, tapi hari ini saya belum bisa membeberkan yang mana,” ujar Risse.

Motor baru Red Bull KTM di MotoGP 2024MOTORSPORT Motor baru Red Bull KTM di MotoGP 2024

Baca juga: BMW Seri 3 Dapat Penyegaran, Punya Teknologi Lebih Canggih

Adapun mesin V4 lebih ramping tapi memakan ruang lebih banyak karena ada dua silinder terpisah. Model ini juga punya komponen lebih banyak ketimbang Inline 4.

Konfigurasi mesin Inline 4 membuat mesin lebih lebar ke samping. Tapi juga ruang mesin lebih lega karena mesinnya lebih kecil. Keunggulan lainnya yaitu jumlah komponen yang lebih sedikit.

Perbedaan tersebut akhirnya berdampak pada beberapa hal. Salah satunya posisi air box dan bentuk knalpot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com