Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Benar Saat Mobil Parkir Wiper Harus Diangkat?

Kompas.com - 20/05/2024, 10:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Wiper merupakan salah satu komponen pada mobil yang cukup penting untuk menjaga visibilitas pengemudi dari air saat hujan atau kotoran.

Maka dari itu, perawatan wiper perlu diperhatikan agar bisa berfungsi dengan baik dan memberikan hasil yang optimal.

Salah satu perawatan wiper yang sering dilakukan adalah mengangkatnya ketika mobil parkir. Mereka beranggapan perilaku ini bisa membuat wiper terhindar dari kerusakan, terutama pada karetnya.

Baca juga: Marquez Mulai Berani Rebutkan Gelar Juara Dunia MotoGP 2024

Mobil parkir mengangkat wiper Kompas.com Mobil parkir mengangkat wiper

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, mengangkat wiper saat mobil parkir memang memiliki manfaat, tapi juga ada risikonya.

“Kalau parkir di tempat panas, dengan mengangkat wiper akan memperpanjang umur karet wiper,” kata Iwan kepada Kompas.com, Minggu (19/5/2024).

Iwan menjelaskan perilaku tersebut bisa memperpanjang umur wiper karena karetnya tidak akan kaku akibat paparan panas matahari.

Apalagi, jika wiper kaku maka kemampuan menyeka air dan kotoran di kaca mobil tidak akan maksimal.

Baca juga: Honda Ungkap Truk Konsep Bahan Bakar Hidrogen


Meski begitu, Iwan mengimbau mengaktifkan wiper hanya perlu dilakukan saat cuaca panas saja, sebab jika dilakukan terus-menerus bisa merusak komponen.

“Tapi sebaiknya tidak setiap parkir wiper diangkat, hanya kalau cuaca terik saja. Jika keseringan mengangkat wiper, nanti pegas ya lemah dan tekanan karet wiper akan berkurang,” kata Iwan.

Menurut dia, saat mobil parkir di garasi rumah yang tidak terkena sinar matahari, maka mengangkat wiper tidak perlu dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com