Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Polisi Sebut Tanjakan Emen di Subang Masih Rawan Kecelakaan

Kompas.com - 15/05/2024, 09:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di Jalan Raya Subang-Bandung di Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Insiden yang melibatkan bus Trans Putera Fajar bernomor polisi AD 7524 OG pada Sabtu (11/5/2024), mengakibatkan 11 korban tewas.

Lokasi kejadian tidak jauh dari jalur maut yang kerap disebut Tanjakan Emen, kurang lebih sekitar 5 Km. Atau berjarak kurang lebih 20 km dari Kota Bandung.

Tanjakan Emen terkenal curam dengan tanjakan, turunan, dan penuh kelokan. Kecelakaan lalu lintas sering terjadi di sana.

Baca juga: Jangan Asal Pindahkan Tuas Transmisi Matik CVT ke L Saat Tidak Kuat Nanjak

Kecelakaan bus pariwisata yang membawa rombongan SMK Lingga Kencana DepokDok. Kemenhub Kecelakaan bus pariwisata yang membawa rombongan SMK Lingga Kencana Depok

Kasubditlaka Ditgakum Korlantas Polri Kombes Pol Hotman Sirait, mengatakan, Tanjakan Emen masih menjadi titik rawan kecelakaan di Subang.

“(Tanjakan Emen) itu kan di atas, di atas Tanjakan Emen juga merupakan blind spot. Dulu sering (kecelakaan),” ujar Hotman, kepada Kompas.com (13/5/2024).

“Tapi begitu jalan dilebarkan jadi 18 meter, itu agak berkurang. Ditambah lagi ada tiga lajur penyelamatan, jadi bisa buat pengendara,” kata dia.

Baca juga: Update Harga Baru LCGC, Agya-Ayla dan Calya-Sigra Naik

Ia pun mengimbau para pengendara agar lebih berhati-hati saat lewat Jalan Raya Subang-Bandung di Ciater.

“Iya (sudah relatif aman), tapi meskipun demikian sering terjadi kecelakaan di situ. Karena kondisi jalan di sana kan naik-turun,” ucap Hotman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com