Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Bayar Parkir Rp 150.000, Ini Kata Dishub DKI

Kompas.com - 14/05/2024, 07:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Masalah parkir kendaraan di Jakarta belakangan ini sedang ramai. Setelah banyak bermunculan di minimarket, juru parkir liar merambah Masjid Istiqlal. Mereka bahkan meminta tarif lebih mahal dari yang semestinya.

Dilansir dari Instagram @romansasopirtruck (13/5/2024), seorang sopir dimintai uang Rp 150.000 usai parkir di kawasan Masjid Istiqlal, Jakarta.

Salah seorang pengemudi mobil merekam momen tersebut menggunakan kamera ponsel dan videonya viral di media sosial.

Baca juga: Bahaya Laten Bus Pariwisata, Banyak Makan Korban

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

Menanggapi kejadian ini, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya segera menindak juru parkir liar di Jakarta.

Rencananya, Dishub DKI akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak yang terlibat dalam tim penanganan juru parkir liar.

“Tentu kita akan prioritaskan yang ada laporan ke Pemprov DKI melalui Jaki ataupun CRM,” ujar Syafrin, dalam keterangan tertulis (13/5/2024).

Baca juga: Momen Hyundai Palisade Gagal Menanjak, Ini Penyebabnya

“Yang viral biaya parkir Rp 150.000 itu juga sekaligus. Jadi memang pembahasannya yang awal adalah minimarket, kemudian berkembang di beberapa titik ada jukir liar. Ini juga akan otomatis menjadi satu kesatuan dari pelaksanaan penindakannya,” kata dia.

Syafrin menjelaskan, langkah persuasif berupa pembinaan sekaligus pengawasan terhadap minimarket telah dilakukan selama ini yakni pengecekan rambu portable atau spanduk bertuliskan parkir gratis.

Namun demikian, saat dilakukan penindakan seringkali jukir liar tidak berada di lokasi, terutama pada saat petugas datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com