Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Cegah Ban Mobil Dicuri Saat Kondisi Parkir

Kompas.com - 10/05/2024, 11:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian pencurian ban dan pelek mobil belum lama ini terjadi di parkiran ITC Cempaka Mas, Jakarta. Pemilik Daihatsu Sigra harus kehilangan ketiga ban karena dicuri.

Sebelumnya, kejadian pencurian seperti ini jamak terjadi di Sumatera Utara. Lalu pernah juga kejadian di daerah Bogor, di mana mobil yang parkir di pinggir jalan dan kehilangan semua bannya.

Sebenarnya ada beberapa langkah buat mencegah kejadian tersebut. Seperti yang disampaikan On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal.

Baca juga: Video Daihatsu Sigra Jadi Korban Pencurian Ban dan Pelek di ITC Cempaka Mas

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

Menurut Zulpata, ada beberapa hal yang bisa dilakukan pemilik mobil untuk mencegah pencurian. Namun, itu tidak bisa berkerja 100 persen, hanya sebagai pengulur waktu dan menyulitkan pencuri.

"Karena saat ini pencuri lebih canggih, tapi setidaknya ada langkah preventif yang bisa dilakukan pemilik kendaraan," ucap Zulpata belum lama ini kepada Kompas.com.

Pertama, pemilik mobil bisa mengganti kepala nut dengan bentuk yang tidak lazim. Semisal bentuk kembang yang lainnya. Harganya bervariasi, mulai Rp 30.000 sampai Rp100.000.

Baca juga: Cerita Benny Santoso Menang TCR Asia Series di Sirkuit Sepang


"Bila ingin lebih aman, bisa juga menggunakan nut yang terkunci. Model ini biasa digunakan untuk ban cadangan yang digantung di belakang mobil. Namun, ketika digunakan memang ada sedikit bunyi dan vibrasi," kata Zulpata.

Selanjutnya, bisa juga dengan aktifkan lagi alarm guncangannya. Jadi, ketika mobil tergoncang, alarm akan berbunyi.

Tentu adanya bunyi alarm yang berisik bisa menyebabkan petugas datang ke mobil. Harapannya bisa mencegah terjadinya pencurian ban mobil saat parkir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com