Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Mobil Terjebak di Gang Kecil akibat Ikuti Google Maps

Kompas.com - 27/04/2024, 09:42 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Akibat menggunakan aplikasi peta atau navigasi digital saat perjalanan, sebuah mobil terjebak di jalan kecil yang sulit dilewati kendaraan roda empat.

Seperti video yang diunggah akun @indocarstuff, Jumat (26/4/2024), di mana sebuah mobil tidak bisa melewati jalan tersebut karena terhalang tiang listrik.

Kesasar google map sampe stuck di ujung gang, gara-gara ada tiang sebiji ga bisa lewat,” tulis akun tersebut.

Baca juga: Hasil Practice MotoGP Spanyol 2024, Bagnaia Tercepat

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Indocarstuff (@indocarstuff)

 

Kejadian seperti ini memang bukan kali pertama terjadi. Dalam menggunakan aplikasi GPS seperti Google Maps, pengemudi sebaiknya tidak sepenuhnya mengandalkan aplikasi tersebut. Sopir juga perlu waspada dan memperhatikan medan jalan yang akan dilalui.

Jika medan terlihat tidak memungkinkan untuk dilalui, baiknya pengemudi mencari rute alternatif atau bertanya kepada orang sekitar untuk memastikan jalan yang akan dilewati.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, aplikasi peta digital seperti Google Maps sebaiknya digunakan sebagai referensi saja.

Aplikasi penunjuk arah sebaiknya digunakan sebagai referensi agar lebih mudah, dekat, aman dan arahnya jelas. Tidak disarankan mengandalkan 100 persen, karena nomor satu pengemudi harus paham dengan detail lokasinya,” kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Puluhan Komunitas Mobil Siap Ramaikan Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi


Sony mengatakan, hanya pengemudi pemula yang mengandalkan aplikasi seperti itu. Sebab, jika sudah pengalaman, biasanya dalam mengambil keputusan akan banyak pertimbangan.

Maka dari itu, pengemudi sebaiknya tidak memaksakan diri, jika memang jalan tidak layak, jangan diteruskan.

Sementara itu, Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, saat akan menggunakan aplikasi peta digital, pastikan melakukan pengecekan rute terlebih dahulu.

“Bila akan menempuh perjalanan jauh dan mengandalkan aplikasi peta, H-1 keberangkatan pengemudi sebaiknya mempelajari dan melihat kondisi melalui foto lokasi yang tersedia di aplikasi,” kata Marcell.

Kemudian, saat istirahat jangan lupa untuk melihat update informasi jalan melalui aplikasi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com