Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Mercedes-Benz Actros 2636, Truk Rasa Mobil Penumpang

Kompas.com - 26/04/2024, 17:31 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mercedes-Benz Actros 2636 LS menjadi salah satu produk yang baru diluncurkan Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) pada ajang Giicomvec 2024 beberapa waktu lalu. 

Truk ini dilengkapi dengan fitur keamanan terlengkap bagi pengemudi, termasuk Active Brake Assist (ABA) 5 dan suspensi udara untuk poros belakang. Kompas.com berkesempatan menjajal truk ini menjadi dua sesi yakni menyetir langsung dan juga jadi penumpang. 

Baca juga: Indonesia Adalah Penggemar Diecast Terbesar di Asia

Pada sesi pertama Kompas.com jadi penumpang yang didampingi oleh pihak DCVI sebagai pengemudi. Tangga untuk naik ke kabin truk lumayan tinggi untuk ukuran perempuan dengan tinggi 165 cm, hanya saja lantaran ada pegangan dan bentuk tangga sangat ergonomis, maka masih mudah untuk proses naik. 

Interior Mercedes Benz Actros 2636KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Interior Mercedes Benz Actros 2636

Begitu naik, kabin truk sangat tidak terlihat seperti truk pada umumnya. Baik desain interior dan juga fitur yang disematkan memberikan kenyamanan selayaknya mobil penumpang seolah bukan di truk.

Desain interior tampil elegan dengan permainan warna hitam dan cream. Kabin truk dilengkapi dengan AC sehingga lebih nyaman.

Selain itu ada juga tombol dengan berbagai fungsi di area dekat pintu jendela, sehingga penumpang dapat mengatur lampu kabin tanpa tombol yang ada di area sopir. 

Kemudian, untuk penumpang yang ingin tiduran di area belakang atau area sleeper cab untuk istirahat, bisa tiduran dengan sempurna lantaran punya panjang sekitar 2 Meter. Oleh karena itu kaki penumpang bisa selonjoran dengan nyaman tanpa bertekuk. 

Area sleeper cab Mercedes Benz Actros 2636KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Area sleeper cab Mercedes Benz Actros 2636

Baca juga: Wuling BinguoEV Digeber 1.300 Km dari Jakarta ke Mandalika

Pindah ke area kemudi, truk ini punya transmisi matik sehingga punya cara kerja yang menyerupai mobil penumpang. Selain itu, jok kemudi juga sangat nyaman lantaran bisa diatur posisinya menyesuikan tinggi badan. 

Area dasbor Mercedes Benz Actros 2636KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Area dasbor Mercedes Benz Actros 2636

Saat gas ditekan untuk pertama kalinya, sangat lembut atau tidak berat sama sekali. Kecepatan laju truk juga bisa diatur oleh sensor bawaan agar pengemudi tetap berkendara pada batasan yang aman.

Letak tombol-tombol yang ada di area kemudi juga sangat strategis, sehingga pengemudi bisa dengan mudah menjangkau tombol-tombol tersebut saat ingin menggunakan fitur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com