Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Tesla Cybertruck, Ringsek Disenggol Truk Saat Parkir

Kompas.com - 25/04/2024, 13:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pikap listrik futuristik pertama besutan Tesla, Tesla Cybertruck, kembali terlibat kecelakaan. Padahal, mobil baru saja seminggu diterima oleh konsumen.

Insiden tersebut direkam dan diunggah akun Instagram Supercar.fails, yang memperlihatkan satu kendaraan logistik besar berusaha keluar parkiran loading dock tetapi posisinya sangat mepet dengan Cybertruck yang terparkir.

Alhasil kendaraan menyenggol pikap berwarna silver itu sehingga membuatnya remuk pada bagian kanan.

Baca juga: Jasa Marga Catat Arus Tol saat Mudik Lebaran 2024 Lebih Lancar

Tesla Cybertruck remuk usai disenggol mobil logistikScreenshoot/supercar.fails Tesla Cybertruck remuk usai disenggol mobil logistik

Sebagian jendela Cybertruck terlihat pecah dengan potongan-potongan tubuh bagian kanan, khususnya pilar A tergeletak di lantai. Sementara spion dan fender depannya tidak tersisa lagi.

Kerusakan akibat insiden itu kemudian diperjelas. Terlihat pada bagian belakang mobil masih mulus, tapi sisi depan samping kanan sudah remuk.

Dijelaskan, Cybertruck itu merupakan salah satu kendaraan bos perusahaan terkait yang dipesan empat setengah tahun kemarin. Namun baru satu minggu dipakai, mobil terpaksa harus masuk 'ruang operasi' untuk perbaikan.

Kejadian tersebut menambah catatan kecelakaan yang melibatkan Cybertruck di dunia setelah pengiriman perdananya dilakukan Desember 2023 lalu.

Baca juga: Populasi Bengkel Motor dan Mobil Jakarta Diklaim Tembus 40.000 Titik

https://www.instagram.com/reel/C6KbXuyIIEJ/?igsh=MTNtcHppcnFiNm42Mw%3D%3D

Kecelakaan pertama, terjadi pada 28 Desember 2023 di mana mobil mengalami kecelakaan usai ditabrak Corolla yang hilang kendali di Highway 35 dekat San Fransisco.

Kendati tidak terlihat rusak parah, namun berdasarkan foto yang disebar mobil sampai mengeluarkan airbag di bagian pillar. Besar kemungkinan, tabrakannya adu banteng.

Tesla sendiri menawarkan Cybertruck dengan motor listrik tunggal, ganda, dan tiga motor listrik. Motor listrik tunggal dengan sistem penggerak roda belakang memiliki jarak tempuh 402 km. Kemampuan akselerasinya untuk 0-96 kilometer per jam, dapat diraih dalam 6,5 detik.

Sedangkan untuk sistem penggerak semua roda, tenaganya mencapai 600 Tk dan memiliki jarak tempuh hingga 547 km. Kemampuan akselerasinya untuk 0-96 kilometer per jam dapat dicapai dalam 4,1 detik.

Kecepatan puncak Cybertruck bisa mencapai 180 Kpj. Kemampuan untuk menarik hingga 4.989 kg dan dapat mengangkut beban hingga 1,1 ton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com