Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Kembali Berlakukan Contraflow ke Arah Puncak

Kompas.com - 15/04/2024, 13:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa contraflow di ruas Tol Jagorawi arah Puncak, Kabupaten Bogor pada Senin (15/4/2024).

Rekayasa ini diterapkan sebagai upaya antisipasi mengurangi kepadatan lalu lintas yang masih berpotensi tinggi dari dan menuju kawasan wisata terkait, yang dimulai pada pukul 06.27 WIB.

Baca juga: Balik Mudik Lebaran Malam Hari, Pastikan Istirahat Setelah Pukul 19.00

Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) yang meraih predikat jalan tol terbaik di IndonesiaJasa Marga Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) yang meraih predikat jalan tol terbaik di Indonesia

"Sebagai upaya antisipasi mengurai kepadatan lalu lintas silaturahmi dan wisata di ruas Tol Jagorawi, atas diskresi pepolisian, kembali diberlakukan contraflow dari KM 44+500 sampai KM 46+500 Ruas Tol Jagorawi arah Puncak," kata Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani dalam keterangannya, Senin, (15/4/2024).

Sehubungan dengan rekayasa itu, perseroan mengimbau seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan supaya mengoptimalkan rekayasa lalu lintas yang sedang berlaku.

Tidak sampai di sana, pengendara juga perlu memastikan kecukupan saldo kartu elektronik atau E-Toll sebelum memulai perjalanan guna menghindari kepadatan ketika bertransaksi di gerbang tol.

Baca juga: Hari Terakhir Cuti Bersama Lebaran, Satpas SIM Masih Libur

Sejumlah kendaraan melintasi jalur Puncak di kawasan Puncak Pass, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (28/3/2024).KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Sejumlah kendaraan melintasi jalur Puncak di kawasan Puncak Pass, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (28/3/2024).

"Rekayasa lalu lintas bersifat situasional tergantung diskresi kepolisian," kata dia lagi.

Sebelumnya, Jasa Marga dan kepolisian pernah memberlakukan contraflow mulai dari KM 44+500 sampai KM 46+500 di ruas Tol Jagorawi arah Puncak pada Sabtu (13/4/2024).

Rekayasa tersebut diterapkan karena masih membludaknya jumlah kendaraan dari Jakarta dan sekitarnya menuju Puncak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com