Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Berangkat Mudik, Jangan Lupa Bawa Sekring Cadangan

Kompas.com - 08/04/2024, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Supaya perjalanan mudik Lebaran tetap aman dan bebas dari kendala, tidak ada salahnya membawa beberapa suku cadang serep. Untuk mengantisipasi jika terjadi kerusakan mendadak.

Suku cadang serep tentu ada banyak, namun yang paling dianjurkan untuk dibawa mudik adalah sekring-sekring kelistrikan. Harganya murah dan ukurannya kecil, tapi manfaatnya sangat besar.

Noval Al-Hudah, Mekanik Senior Mitsubishi Prabu Pendawa Motor menjelaskan, cukup banyak masalah kelistrikan mobil yang bisa diselesaikan dengan hanya mengganti sekring saja.

“Sering ketemu kasusnya klakson mendem (tidak berbunyi), lampu redup, AC enggak nyala, ternyata masalahnya cuma di sekring,” kata dia saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (6/4/2024).

Baca juga: Usai Longsor, Kendaraan Golongan I Boleh Melintas di Tol Bocimi

Sekring mobil meleleh karena korsleting dan arus pendekMrtoxikk/Flickr Sekring mobil meleleh karena korsleting dan arus pendek

Untuk diketahui, sekring mobil berperan sebagai pemutus arus listrik. Jika terjadi situai overload dan daya terlalu besar, komponen ini langsung bekerja untuk mencegah korsleting.

Ukuran sekring juga beracam-macam, tergantung lajur kelistrikan yang ditangani. Pembedanya adalah warna, misalnya biru untuk ukuran maksimal 15 ampere, kuning 20 ampere, dan sejenisnya.

Suku cadang ini juga bisa ditemukan di bengkel atau toko perkakas dengan harga murah, kisarannya adalah sekitar Rp 10.000 sampai Rp 25.000 saja.

Baca juga: Menikmati Layanan Servis HEV di Posko Siaga Toyota Ungaran

Terdapat peta lokasi sekring dan relay untuk masing-masing perangkat kelistrikan bodi mobil pada tutup kotak sekring.Tangkapan layar Terdapat peta lokasi sekring dan relay untuk masing-masing perangkat kelistrikan bodi mobil pada tutup kotak sekring.

Noval menganjurkan pemudik untuk menyetok sekring dalam jumlah banyak, setidaknya dua buah per-warna. Jika ada dugaan kerusakan, bisa segera ditangani dengan mengganti.

“Supaya tidak repot, lebih baik nyetok sebelum berangkat. Nanti di boks sekring ada instruksi yang bisa bantu jelaskan soal penggantian,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com